Pertamina Sosialisasi Transformasi Subsidi LPG 3 Kg Tepat Sasaran di Sumut

Pertamina Sosialisasi Transformasi Subsidi LPG 3 Kg Tepat Sasaran di Sumut
Pertamina Sosialisasi Transformasi Subsidi LPG 3 Kg Tepat Sasaran di Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut melakukan sosialisasi Transformasi Subsidi LPG 3 Kg Tepat Sasaran kepada 33 Kabupaten/Kota yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Utara pada Jumat (28/7) di Medan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bersama terkait penyaluran LPG 3 Kg Subsidi kepada masyarakat yang berhak melalui inovasi pencatatan digital.

Sosialisasi menghadirkan tiga narasumber yaitu Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Utara, Naslindo Sirait, Direktur Direskrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Teddy Marbun, dan Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin, dan Sales Branch Manager Rayon I Pertamina Patra Niaga Reg Sumbagut, Sigit.

Paparan sosialisasi disampaikan oleh Sigit, dengan mengetengahkan dasar-dasar hukum dari pelaksanaan tranformasi Subsidi Tepat LPG 3 Kg nantinya. Salah satu yang mendasari sosialisasi ini adalah Keputusan Dirjen Migas no 99.k/MG.05/DJM/2023 tentang Penahapan Wilayah dan Waktu Pelaksanaan Pendistribusian isi Ulang LPG Tertentu Tepat Sasaran.

Secara garis besar Sigit menjelaskan bahwa pembelian LPG 3 Kg Subsidi akan dilakukan pencatatat secara digital, hal ini dilakukan supaya diketahui siapa saja konsumen dari LPG Subsidi ini sehingga akan memudahkan untuk melakukan monitoring penyaluran dan agar tepat sasaran.

Paparan selanjutnya disampaikan oleh Naslindo dengan menyampaikan materi pengawasan dan pembinaan penyaluran LPG 3 Kg di Provinsi Sumatera Utara.

“Kami mendukung sosialisasi dan implementasinya nanti, dengan tujuan agar subsidi energi diterima bagi kalangan yang berhak,” kata Naslindo.

Dalam kesempatan tersebut, Naslindo juga meminta agar sosialisasi dan koordinasi yang dilakukan ini dapat meningkatkan kolaborasi antar pihak dalam hal menjaga dan mengawasi subsidi tepat sasaran.

Gunawan Benjamin selaku pengamat ekonomi Sumut mengingatkan pentingnya LPG 3 Kg disalurkan tepat sasaran agar beban subsidi negara dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk manfaat masyarakat.

Sementara itu, Teddy mengungkapkan, penyelewengan terhadap barang subsidi akan merugikan masyarakat karena uang yang disediakan pemerintah untuk subsidi ini sangat besar dan bertujuan untuk menjaga kestabilan ekonomi nasional.

“Mari kita awasi bersama barang subsidi termasuk LPG ini dan pihaknya akan menindak tegas para pelaku usaha yang menyelewengkan LPG Subsidi sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku,” tegas Teddy.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi