DPM Berkomitmen Dukung Pengentasan Stunting dan TBC di Sumatera Utara

DPM Berkomitmen Dukung Pengentasan Stunting dan TBC di Sumatera Utara
Mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara (USU) menjalani skrining tuberkulosisi (TBC), yang didukung PT Dairi Prima Mineral (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Mndukung sekaligus komitmen dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Kabupaten Dairi, Dairi Prima Mineral (DPM) terus melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan terkait program-program pencegahan, pendidikan dan perawatan dalam upaya mengentasakan kekerdilan (stunting) dan tuberkulosisi (TBC).

"Ini merupakan komitmen DPM untuk mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya butir ketiga, yakni Kehidupan Sehat dan Sejahtera, serta bentuk implementasi Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) pilar kesehatan di Sumut, khususnya Dairi," ujar Direktur DPM, Louise Ferdinandus, Minggu (20/8).

Kata dia, perusahaan telah secara aktif bekerja sama dengan perangkat desa dan puskesmas di Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Dairi, untuk mengadakan program-program yang mendukung kesehatan masyarakat setempat, terutama untuk ibu hamil dan menyusui serta balita.

Salah satu program unggulan perusahaan adalah pemberian makanan tambahan yang berkelanjutan untuk menurunkan angka stunting di wilayah sekitar Kecamatan Silima Pungga-Pungga.

DPM juga mendukung program terkait pengentasan TBC di mana perusahaan berkolaborasi dengan multi pemangku kepentingan (stakeholder), melaksanakan kegiatan skrining TBC bagi mahasiswa baru yang berlokasi di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 2.600 mahasiswa baru USU dan melibatkan Kadin Indonesia, Dinas Kesehatan Sumut, Indonesia Muda untuk Tuberkulosis, Yayasan Mentari Meraki Asa, Bakrie Center Foundation, Kementerian Kesehatan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Kepala Humas Promosi dan Protokoler, Amalia Meutia MPsi, Psikolog, menjelaskan, skrining TBC ini melibatkan 2.620 mahasiswa baru USU dan termasuk ke dalam standar prosedur pemeriksaan kesehatan mahasiswa baru, untuk mencegah penyebaran TBC pada kalangan usia produktif. Kegiatan screening TBC ini dilakukan mulai pada 12-16 Agustus 2023.

Louise menambahkan dukungan program skrining TBC ini adalah termasuk dari rangkaian program PT DPM dalam upayanya memberikan dukungan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Sumut, khususnya di Dairi, dan juga merupakan kegiatan kampanye untuk mencegah serta menanggulangi angka stunting dan tuberkulosis yang sebagian besar menyerang masyarakat usia produktif.

DPM percaya bahwa akses terhadap kesehatan yang berkualitas dan kesejahteraan bagi semua individu adalah hak dasar yang harus dijamin.

"DPM terus berkomitmen untuk memberikan aksi nyata dalam mempraktikkan nilai-nilai berkelanjutan di setiap aspek operasional kami," pungkas Louise.

(GAS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi