Semarak HUT Kemerdekaan RI ke-78, Polres Tapsel Tanam 1.500 Bibit Pohon

Semarak HUT Kemerdekaan RI ke-78, Polres Tapsel Tanam 1.500 Bibit Pohon
Semarak HUT Kemerdekaan RI ke-78, Polres Tapsel Tanam 1.500 Bibit Pohon (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Guna menjaga kelestarian dan penghijauan lingkungan, Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Imam Zamroni, bersama pemerintah daerah, TNI, kejaksaan, dan stakeholder lainnya menanam 1.500 bibit pohon berbagai jenis.

Kapolres memimpin langsung aksi penghijauan dengan penanaman pohon serentak seluruh Indonesia di Lahan Markas Polres Tapsel di Kecamatan Sipirok, Rabu (23/8). Kegiatan ini, mengangkat tema “Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini”.

Kapolres memaparkan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78. Dengan adanya kegiatan ini, bumi Indonesia, khususnya Kabupaten Tapsel dapat tetap sejuk dan lestari.

Dia melanjutkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menggagas kegiatan ini, memusatkan penanaman Pohon di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan ini juga merupakan upaya menjaga semangat kemerdekaan dengan melestarikan bumi Indonesia.

“Untuk di Lahan Markas Polres Tapsel di Sipirok ada 1.500 bibit pohon yang kami tanam. Untuk jenis pohonnya, mahoni, durian, manggis, jati, kenari, sorea, gaharu, ketapang, trembesi, hingga tingul,” jelas Kapolres.

Tidak hanya Polri, sebut Kapolres, kegiatan ini juga melibatkan Pemkab Tapsel, TNI dari Kodim 0212/TS, kejaksaan, beserta seluruh stakeholder lainnya. Selain itu, pihaknya juga memusatkan penanaman pohon di Hutan Kota. Pemkab Tapsel saat ini merupakan pengelola Hutan Kota tersebut.

“Selain di Lahan Markas Polres Tapsel dan Hutan Kota, kegiatan ini juga berlangsung di seluruh kecamatan. Masing-masing Polsek jajaran Polres Tapsel bersama Forkopimcam juga mengkoordinir pelaksanaan penanaman pohon,” terang Kapolres.

Kapolres juga berharap, dengan adanya kegiatan ini, mampu menghadapi tantangan perubahan iklim yang begitu ekstrem di seluruh dunia. Ia juga berharap, apabila terjadi perubahan iklim, bangsa Indonesia tidak ikut terdampak dan bisa menghadapinya dengan baik, karena sudah lakukan antisipasi sejak dini.

“Apabila kita menjaga lingkungan sejak dini, maka di masa mendatang lingkungan yang akan menjaga kita,” pungkas Kapolres.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi