Warner Bros Tunda Rilis Sekuel "Dune", Buah dari Mogoknya Para Aktor Hollywood

Warner Bros Tunda Rilis Sekuel
Timothee Chalamet dan Zendaya, pemeran film Dune yang tunda dirilis hingga tahun depan. (REUTERS/Steve Marcus/)

Analisadaily.com, Los Angeles - Studio film Warner Bros (WBD.O) akan menunda rencana perilisan sekuel "Dune" yang berbiaya besar pada November hingga Maret 2024 mendatatang. Hal ini diungkapkan juru bicara studio pada Kamis, 24 Agustus 2023 dilansir dari Reuters, Jumat (25/8/2023).

Disebutkan hal itu karena para aktor Hollywood ini mogok, sehingga tidak dapat mempromosikan film tersebut. Terang saja keputusan tersebut memberikan pukulan telak bagi jaringan bioskop seperti AMC Entertainment (AMC.N), Cineplex (CGX.TO) dan Cinemark (CNK.N) yang masih berusaha pulih dari pandemi COVID-19.

Sementara "Dune" menjadi salah satu film yang paling dinantikan di jadwal akhir tahun 2023.

"Dune: Part Two" justru dikabarkan akan debut pada tanggal 15 Maret 2024, akibatnya tanggal yang telah ditentukan untuk film Warner Bros "Godzilla x Kong: The New Empire" digeser ke 12 April 2024.

Akibatnya, film animasi "Lord of the Rings" yang dijadwalkan tayang pada bulan April 2024 dipindahkan ke Desember 2024.

"Dune: Part Two" dibintangi oleh Zendaya dan Timothée Chalamet dalam sekuel fiksi ilmiah berdasarkan novel Frank Herbert tahun 1965 yang bercerita tentang pertempuran antargalaksi untuk mengendalikan sumber daya yang berharga.

Film pertama, yang dirilis pada tahun 2021 selama pandemi, menghasilkan $402 juta di box office global.

Bintang-bintang papan atas telah menolak untuk mempromosikan proyek-proyek yang akan datang sejak serikat aktor SAG-AFTRA bergabung dengan para penulis Hollywood yang mogok dan mengundurkan diri dari pekerjaannya pada 14 Juli 2023 lalu.

Pemogokan para aktor telah mendorong studio film lain untuk menyesuaikan jadwal film karena tidak adanya selebriti yang tampil di karpet merah atau acara talkshow untuk membantu membangun popularitas.

Sony Pictures (6758.T) mengubah strategi rilis untuk "Dumb Money", film yang terinspirasi oleh kisah investor sehari-hari yang mengecoh investor Wall Street dan menjadi kaya dengan saham pengecer videogame dan elektronik GameStop (GME.N) .

Film ini awalnya dijadwalkan tayang secara nasional pada 22 September, meskipun studio mengadopsi strategi rilis yang lebih bertahap untuk menarik minat dari reaksi penonton. Film ini sekarang akan diputar di sejumlah layar terbatas di New York dan Los Angeles pada 15 September sebelum diperluas ke seluruh negeri pada 6 Oktober mendatang.

Secara keseluruhan jumlah penonton bioskop tahun ini masih di bawah tingkat sebelum pandemi meskipun ada peningkatan besar pada musim panas ini dari hiruk pikuk “Barbenheimer” yang tercipta dari film “Barbie” dan “Oppenheimer”.

Film besar lainnya yang dijadwalkan pada tahun 2023 saat ini termasuk "The Marvels" karya Walt Disney (DIS.N), prekuel Lionsgate (LGFa.N) dari "The Hunger Games", dan "Wonka", dan film Warner Bros lainnya yang juga dibintangi Chalamet.

Sebagai informasi, pemogokan yang dilakukan oleh Writers Guild of America (WGA), yang dimulai pada tanggal 2 Mei, telah menutup sebagian besar produksi acara televisi bernaskah dan beberapa syuting film.

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi