Gelombang Laut Landa Pulau Simuk Nias, Warga Terancam Kesulitan Bahan Makanan

Gelombang Laut Landa Pulau Simuk Nias, Warga Terancam Kesulitan Bahan Makanan
Gelombang Laut Landa Pulau Simuk Nias, Warga Terancam Kesulitan Bahan Makanan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Warga di Pulau Simuk, Nias Selatan, Sumut, terancam kelaparan akibat terjadi gelombang laut yang melanda kawasan itu, yang berdampak tidak bisanya kapal pengangkut bahan pokok masuk ke pulau tersebut.

"Warga sudah mulai kehabisan stok bahan pokok karena pasokan ke Pulau Simuk terganggu. Harus ada solusi tepat dan cepat yang harus dilakukan pemerintah pusat," ujar tokoh masyarakat Sumut, Parlindungan Purba di Medan, Rabu (20/9).

Laporan dari masyarakat di Pulau Simuk, sudah 3 minggu kapal dari Pulau Tello atau dari Teluk Dalam tidak bisa berlayar menuju Pulau Simuk akibat terjadi gelombang laut dan badai. Di Simuk saat ini sedang berlangsung cuaca buruk yang begitu ekstrem.

Menurut laporan, biasanya 2 minggu saja kapal tidak masuk Pulau Simuk, seluruh warga akan mulai cemas, sebab jalur logistik hanya dari Pulau Tello atau dari Teluk Dalam.

"Ini sudah tiga minggu kapal pembawa logistik tidak masuk. Warga terancam kelaparan," katanya.

Saat ini, sebagian besar warga sudah memakan sagu karena beras sudah tidak ada.

Parlindungan yang maju lagi menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Darah (DPD) RI, berharap, pemerintah bisa melakukan langkah tepat dan cepat menangani dampak cuaca buruk di Simuk.

"Salah satunya adalah dengan mendistibusikan bantuan pangan melalui angkutan udara," katanya.

Perlindungan menyebutkan, kondisi di Pulau Simuk sudah dilaporkan Pemkab Nias Selatan ke Basarnas.

"Saya juga sudah berkomunikasi dengan BPBD Sumut. Warga Pulau Simuk harus dibantu," kata Patlindungan yang pernah menjabat Ketua Apindo Sumut dan anggota DPD RI.

Harapannya cuaca juga membaik sehingga Basarnas juga bisa melakukan bantuan lebih cepat melalui laut.

Parlindungan menegaskan, Pulau Simuk adalah penghasil kopra. Di Pulau Simuk, tidak ada persawahan dan pada umumnya warga berladang, khususnya untuk tanaman ubi untuk kebutuhan pakan ternak.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi