LPPM UINSU Gelar Pelatihan Peningkatan Penelitian Dosen

LPPM UINSU Gelar Pelatihan Peningkatan Penelitian Dosen
LPPM UINSU Gelar Pelatihan Peningkatan Penelitian Dosen (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (LPPM-UINSU) menggelar kembali pelatihan Peningkatan Peneliti Bagi Dosen.

Dr. Muhammad Irwan Fadli, selaku Kapus Penelitian & Penerbitan sekaligus ketua panitia menyampaikan, pelatihan berlangsung selama dua hari sejak tanggal 21-23 September 2023 di Theme Park & Resort Hotel Pantai Cermin.

"Pelatihan ditujukan kepada dosen-dosen muda UINSU yang perlu mendapatkan bimbingan tambahan pengetahuan terkait academik writing dan update metodologi,” sebutnya, Jumat (22/9).

Pelatihan ini dibimbing oleh narasumber Prof. Drs. Mahyuddin K.M Nasution, P.hd (USU), Dr. T. Henny Febriana Harumy, S. Kom, M. Kom, M.Si (USU) dan Dr. Rudi Salam Sinaga, S.Sos (UMA).

Ketua LPPM UINSU, Dr. Nispul Khoiri, menguraikan, penelitian menjadi bagian integral dari Tri Darma Perguruan Tinggi sekaligus kebutuhan penting bagi UINSU, karena penelitian penyumbang utama inovasi di berbagai bidang, mulai dari ilmu hukum, sosial, kesehatan, pendidikan dan lainnya.

“Penelitian itu memotivasi munculnya pemikiran kritis dan analitis untuk problem solving yang kompleks,” sebutnya.

Dengan penelitian mentransfer pengetahuan ke praktik ber-output seperti kepada implementasi kebijakan publik dan lainnya. Penelitian juga meningkatkan reputasi dan peringkat institusi, artinya Perguruan Tinggi yang aktif dalam penelitian akan meningkatkan peringkatnya membawa manfaat jangka panjang.

Dr. Nispul menegaskan, atas dasar itu, LPPM UINSU merasa penting digelarnya Pelatihan Peningkatan Peneliti Bagi Dosen terutama bagi dosen-dosen muda terkait dengan academik writing dan update metodologi.

Jika ini sudah diperkuat, maka para dosen tersebut didorong mengikuti penerimaan bantuan penelitian setiap tahunnya melalui proses seleksi Litabdimas Kementerian Agama Republik Indonesia atau sumber-sumber lainnya ataupun melakukan penelitian berbasis mandiri sebagai kebutuhan pribadinya.

"Harus disadari UINSU membutuhkan para peneliti hebat dan profesional dengan menghasilkan penelitian bermutu tinggi diakui pada tataran global serta turut mewarnai budaya Ilmiah unggul di UINSU, hal ini berangkat dari capaian riset dan inovasi," sambungnya.

Kegiatan pelatihan ini juga dihadiri Sekretaris LPPM Reni Ria Armayani Hsb, M.E.I, Dr. Rafnitul Hasanah Harahap selaku Sub Koordinator, Kapus PSGA Fitri Hayati, SE. MA dan Kapus Pengabdian Masyarakat Putra Apriadi Siregar.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi