Hari Sumpah Pemuda, Film Perik Sidua-dua Gelar Gala Premiere

Hari Sumpah Pemuda, Film Perik Sidua-dua Gelar Gala Premiere
Hari Sumpah Pemuda, Film Perik Sidua-dua Gelar Gala Premiere (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gala Premiere Film Perik Sidua-dua digelar tepat pada momentum Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2023). Film ini diputar di Ciwalk XXI, Jalan Cihampelas, Bandung.

Produser film Perik Sidua dua, Benson Kaban, mengatakan gala premiere di Hari Sumpah Pemuda dan lokasi pemutaran di Bandung bukan hanya kebetulan. Sebab, ada sejarah kelahiran lagu Perik Sidua-dua. Juga Sejarah Bandung Lautan Api di masa perang kemerdekaan.

"Sumpah Pemuda yang kita peringati setiap tahunnya merupakan momen bersejarah pergerakan pemuda-pemuda Indonesia dari berbagai daerah membuka gerbang kemerdekaan Indonesia. Keterkaitan Hari Sumpah Pemuda dengan Film Perik Sidua-dua itu bagai Sungai yang mengeratkan hubungan gunung dengan laut," katanya, dalam keterangan tertulis diterima Analisadaily di Medan, Minggu (29/10/2023).

Menurutnya, sejarah Sumpah Pemuda sama halnya dengan Film Perik Sidua-dua juga menggerakkan semua potensi alam, manusia dan budaya yang tumbuh di ekosistem gunung api dari Karo ke tanah Pasundan.

"Dalam waktu 15 hari seluruh elemen dan kekuatan produksi Film Perik Sidua-dua bergerak serempak menyebarkan kabar ke seluruh platform media tentang penyelenggaraan Gala Premiere Film Perik Sidua-dua di tanah Pasundan," ujarnya.

Gala premiere film ini juga menjadi kolaborasi kekuatan dari perbedaan suku dan agama yang membawa visi misi Indonesia. "Potensi-potensi lokal yang bercita-cita menuju global ini bertekad menjadikan Bandung sebagai gerbang pertama pemutaran Film Perik Sidua-dua ke dunia. Film yang mengangkat harkat dan martabat pemuda Indonesia, terkhusus gadis Karo yang berpikir terbuka dan berwawasan nusantara," ungkap Benson.

Dari Karo, mereka menjadikan Tanah Pasundan sebagai lahan subur perkembangan karya film di Indonesia. Dari Bandung, para kreator Sumatera Utara membuat gebrakan dan terobosan dalam melakukan perubahan peta perfilman di Indonesia.

"Berlangsungnya gala premiere Film Perik Sidua-dua ini juga menggemakan berbagai capaian Sejarah; film pertama daerah yang tayang perdana para penontonnya membayar tiket. Gala Premiere ini ditayangkan serentak di 7 studio dengan kapasitas 1.250 penonton. Film dari tanah Karo yang menggemparkan Bandung sebagai titik pertama kepakan sayap Perik Sidua-dua terbang tinggi," pungkasnya.

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi