Alumni Gathering Prodi Teknik Pertanian & Biosistem USU 2023: Wujudkan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

Alumni Gathering Prodi Teknik Pertanian & Biosistem USU 2023: Wujudkan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka
Foto bersama seluruh peserta acara Alumni Gathering Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem USU 2023, Medan (19/11/2023) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Alumni memegang peranan penting bagi perguruan tinggi. Melalui peran ini, alumni perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi yang berkelanjutan dalam meningkatkan mutu pendidikan, membantu pengembangan masyarakat dan membangun reputasi almamater mereka.

Untuk mendukung hal tersebut Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem menyelenggarakan acara Alumni Gathering pada Minggu, 19 November 2023 di Desa-Desa Resto Medan.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem Dr.Taufik Rizaldi, STP, MP didampingi beberapa dosen yaitu Lukman Adlin Harahap, STP sebagai Sekretaris Prodi, Raju, STP, M.Si sebagai Kepala Departemen, Putri Chandra Ayu Lubis, STP, M.Si, Delima lailan Sari Nasution, STP, MSc sebagai Asisten Ahli, Ainun Rohanah, STP, M.Si sebagai Lektor dan beberapa alumni lintas stambuk.

Tujuan diselenggarakan acara tersebut adalah semata-mata untuk mendiskusikan pengembangan program studi kedepannya dan peluang kerjasama apa yang akan dilakukan dalam bidang pelaksanaan kegiatan Tridharma antara alumni dan program studi.

Ketua program studi Dr.Taufik Rizaldi, STP, MP dalam paparannya menjelaskan bahwa para alumni yang telah menduduki berbagai posisi penting dan mempunyai peran strategis di pekerjaan, tentu akan menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk memberikan kepercayaan kepada jurusan tertentu di perguruan tinggi, terutama dalam hal memilih tempat perkuliahan bagi anak-anak mereka untuk melanjutkan pendidikan.

Selain itu alumni yang telah berhasil dibidang karir dapat membantu pengembangan jaringan (network). Alumni membentuk jaringan yang kuat di antara sesama alumni. Hal ini menciptakan peluang untuk pertukaran informasi, kerja sama bisnis, dan dukungan dalam berbagai bidang profesi.

Salah satunya adalah untuk mewujudkan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Yaitu adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 yang dimana salah satu tujuannya untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Perwujudan rencana program MBKM yang akan dilakukan Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem kedepan salah satunya adalah perekrutan Mentor Akademis, yaitu alumni yang telah sukses dalam karir mereka dapat menjadi mentor atau pengajar bagi mahasiswa dan alumni yang lebih muda. Mereka dapat memberikan panduan mengenai karier, peluang belajar, dan pengembangan pribadi sesuai dengan mata kuliah mahasiswa.

Pemilihan Ketua Ikatan Alumni Transisi

Di sela-sela acara tersebut juga dilakukan pergantian (transisi) ketua Ikatan Alumni Teknik Pertanian (IKATEP). Transisi dari ketua lama alumni stambuk 1996 yaitu Ekel Pranata Perangin-angin, STP digantikan oleh alumni stambuk 1997 Aden Sudomo Siregar, STP dipilih secara aklamasi.

Ketua terpilih menjelaskan bahwa akan menyatukan seluruh alumni lintas stambuk dengan sistem integrasi database. Tidak dipungkiri bahwa seluruh alumni telah menyebar domisilinya di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri. Tetapi beliau optimis dengan dukungan seluruh rekan alumni lintas stambuk serta prodi maka integrasi data alumni pasti akan tersusun rapi.

Apabila database sudah rapi maka program – program kerja alumni mendukung prodi dapat berjalan, seperti membuka kanal peluang kerja, bimbingan karir, proyek sosial dan pengabdian masyarakat, membangun kemitraan dengan pihak luar kampus serta promosi program studi.

“Selain itu program IKATEP kedepannya adalah akan melaksanakan peringatan ulangtahun program studi Teknik Pertanian yang jatuh pada tanggal 11 Juli 2024. Yang mana pertama kali terbentuk pada tahun 1996. Itu merupakan peringatan ulangtahun perdana yang akan kita selenggarakan. Insya Allah berkat dukungan kita semua, seluruh rencana kerja IKATEP akan berjalan lancar”, lanjut Aden.

Ainun Rohanah, STP, M.Si sebagai Lektor memberikan sambutan sangat mendukung penuh program kerja IKATEP yang dikomandoi ketua baru. “Saya mewakili seluruh dosen prodi merasa senang sekali dan menyambut baik rencana-rencana ketua terpilih. Semoga kita para alumni semakin menjaga kekompakan dan solid”, tutupnya.

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi