Operasi Lilin Seulawah 2023, Polda Aceh Kerahkan 2.351 Personel

Operasi Lilin Seulawah 2023, Polda Aceh Kerahkan 2.351 Personel
Operasi Lilin Seulawah 2023, Polda Aceh Kerahkan 2.351 Personel (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh — Polda Aceh mengerahkan sedikitnya 2.351 personel dari berbagai unsur untuk pengamanan akhir tahun dalam rangka Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

"Pengamanan Nataru di Aceh melibatkan sedikitnya 2.351 personel dari berbagai unsur," ujar Wakapolda Aceh Brigjen Pol Armia Fahmi saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Seulawah 2023 di halaman Mapolda Aceh, Kamis (21/12).

Armia Fahmi mengatakan, apel gelar pasukan merupakan pengecekan akhir dari kesiapan baik personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan Operasi Lilin Seulawah 2023, sehingga pengamanan Nataru dapat berjalan dengan optimal.

Ia juga menyampaikan, pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar.

Hal itu sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo melalui Kapolri, di mana Nataru adalah rutinitas yang tetap harus direncanakan dan dipersiapkan, terutama terkait kelancaran transportasi, pasokan, dan distribusi bahan pokok.

"Apel gelar pasukan ini adalah pengecekan kesiapan pelaksanaan operasi. Kemudian, pengamanan Nataru merupakan hal rutin yang tetap harus kita rencanakan, karena berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat," kata jenderal bintang satu itu.

Di samping itu, Armia Fahmi juga menyampaikan, bahwa dalam rangka pengamanan Nataru tahun ini, Polda Aceh didukung oleh TNI, Pemda, mitra kamtibmas, serta stakeholder terkait.

Operasi kepolisian terpusat ini berlangsung selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Operasi ini digelar serentak di seluruh Indonesia.

Nantinya, petugas juga mendirikan pos pengamanan, pelayanan, dan terpadu di terminal, gereja, pelabuhan, pusat perbelanjaan, dan bandara.

Armia Fahmi juga mengingatkan, agar seluruh personel yang terlibat operasi terus meningkatkan sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Karena hal itu merupakan kunci utama keberhasilan operasi.

"Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Lilin Seulawah 2023. Jaga kesehatan dan jadikan pengamanan Nataru sebagai kebanggaan," demikian, kata Armia Fahmi.

Dalam apel gelar pasukan itu turut dilakukan penyematan pita sebagai tanda dimulainya Operasi Lilin Semeru 2022 oleh Wakapolda Aceh kepada perwakilan dari TNI/Polri dan petugas Dinas Perhubungan Aceh.

Turut hadir pada kegiatan apel gelar pasukan tersebut Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Hadi Basuki, Asisten III Setda Aceh Dr Iskandar AP, Dandim 0101/KBA Letkol Czi Widya Wijanarko, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi