WHO: Warga Gaza Menghadapi Kelaparan dan Menjual Harta

WHO: Warga Gaza Menghadapi Kelaparan dan Menjual Harta
Arsip foto - Para warga, termasuk anak-anak, menunggu di pagar untuk mendapatkan bantuan makanan di Kota Rafah, Gaza, pada 19 November 2023. (ANTARA/Rizek Abdeljawad/Xinhua/tm/pri)

Analisadaily.com, Ankara - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan warga di Kota Gaza saat ini menghadapi kelaparan dan menjual harta benda mereka demi mendapat makanan.

“Kelaparan kini melanda dan kelaparan sedang terjadi di Gaza,” tulis Tedros di akun media sosial X dilansir dari Anadolu dan Antara, Sabtu (23/12).

Empat dari lima keluarga di Gaza utara dan separuh keluarga yang mengungsi di wilayah selatan tidak makan siang dan malam selama berhari-hari.

“Menyayat hati. Konflik yang berkepanjangan ini menghambat akses makanan dan bantuan kemanusiaan penyelamat jiwa lainnya yang sangat dibutuhkan,” tulisnya.

Untuk itu, dia mendesak komunitas internasional untuk segera meningkatkan ketahanan pangan lewat akses bantuan cepat ke Gaza guna mengatasi kelaparan.

Sejak 7 Oktober militer Israel meluncurkan perang destruktif di Gaza yang mengakibatkan sedikitnya 20.057 orang tewas dan 53.320 lainnya luka-luka. Mayoritas dari mereka adalah anak-anak dan perempuan.

Kondisi tersebut menyebabkan kerusakan parah pada infrastruktur dan “bencana kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya”, menurut sumber-sumber Palestina dan internasional.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi