Pasca Libur Natal, Pasar Keuangan dan Harga Emas Berpeluang Menguat

Pasca Libur Natal, Pasar Keuangan dan Harga Emas Berpeluang Menguat
Karyawan melintas di depan layar pergerakan perdagangan saham di mining hall gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta (24/11/2023) (ANTARA FOTO/M Riezko Bima Elko Prasetyo)

Analisadaily.com, Medan - Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) setelah libur panjang diproyeksikan akan bergerak mendatar atau sideways. Sejumlah bursa di Asia terpantau mengalami penguatan, yang memberikan ruang pada kemungkinan penguatan yang sama pada kinerja IHSG.

“Namun, pekan ini adalah pekan liburan yang bisa saja investor justru tidak banyak melakukan aktivitas di pasar saham,” kata Analis Pasar Modal, Gunawan Benjamin, Rabu (27/12).

Dan bukan hanya itu, lanjut Gunawan, agenda ekonomi hingga tutup tahun juga tidak ada yang akan mempengaruhi kinerja pasar secara signifikan. Sehingga teknikal akan lebih banyak berperan dalam menciptakan perubahan kinerja pasar saham pada perdagangan hari ini.

“Situasi ini diproyeksikan akan berlangsung hingga perayaan Tahun Baru nantinya usai,” ujarnya.

Disebutkan Gunawan, IHSG di pekan ini diproyeksikan akan bergerak dalam rentang 7.200 hingga 7.270. IHSG pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini ditransaksikan sedikit menguat di level 7.261. IHSG berpeluang untuk menguat pada perdagangan hari ini.

Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah diproyeksikan juga berpeluang menguat pada perdagangan hari ini. Mata uang rupiah pada sesi perdagangan pagi ini ditransaksikan menguat di level 15.480 per US Dolar. Kinerja mata uang rupiah jugad iperkirakan bergerak sideways dengan kecenderungan menguat di pekan ini.

Tren pelemahan US Dolar masih berlanjut menjelang tutup tahun 2023. Dimana Bank Sentral AS atau The FED kian dekat pada kemungkinan pemangkasan bunga acuan di tahun 2024 mendatang. Sehingga mata uang Rupiah berpeluang untuk menguat terhadap US Dolar di tahun depan.

“Bukan hanya mata uang Rupiah saja, kinerja harga emas di akhir pekan kemarin mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Harga emas pada perdagangan pagi ini ditransaksikan menguat di level $2.067 per ons troy-nya,” Gunawan mengakhiri.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi