Poltak Sitorus Gaungkan Pengolahan Ikan Red Devil Sebagai Produk UMKM

Poltak Sitorus Gaungkan Pengolahan Ikan Red Devil Sebagai Produk UMKM
Poltak Sitorus Gaungkan Pengolahan Ikan Red Devil Sebagai Produk UMKM (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Balige - Di perayaan Natal Oikumene yang berlangsung di areal Kantor Bupati Toba, Rabu (27/12), Bupati Toba, Poltak Sitorus, menyoal pengolahan ikan red devil yang ada di perairan Danau Toba menjadi kerupuk atau produk UMKM.

Ia menyebut, kerupuk berbahan dasar ikan predator ini dapat menjadi sumber perekonomian bagi pelaku UMKM Toba.

“Pada perayaan Natal Oikumene ini, kita juga berikan bantuan untuk pelaku UMKM, khususnya untuk pengolahan ikan lohan merah sebagai bahan dasar pembuatan kerupuk, produk UMKM,” ujar Poltak.

Ikan red devil yang dulunya dikenal sebagai hama bagi ekosistem Danau Toba, kini bisa menjadi kerupuk bernilai ekonomis.

“Hal-hal seperti ini menjadi bagian dari perjalanan kita mengembangkan pariwisata di daerah kita. Rahmat dalam kesulitan itu benar adanya kita alami,” tuturnya.

Ia juga hubungkan soal produk UMKM dengan pengembangan pariwisata di Kabupaten Toba. Ia tegaskan, pariwisata menjadi sektor andalan Kabupaten Toba. Pengembangan pariwisata ini terlihat dengan adanya event berskala internasional yang diselenggarakan di Toba.

Setidaknya dalam setahun ini, ada 2 event bertaraf internasional yang telah berlangsung; F1 Powerboat Lake Toba 2023 pada Februari dan Aquabike Jetski World Champhionship 2023 pada November.

F1 Powerboat adalah event internasional yang belum pernah diselenggarakan di Indonesia, baru beberapa tempat diselenggarakan di dunia. Ditambah lagi event Aquabike Jetski World Champhionship yang diselenggarakan pada November tahun ini.

Untuk event Aquabike, jumlah penonton mencapai 100 ribu orang untuk 4 kabupaten sebagai lokasi penyelenggaraan; Toba, Samosir, Dairi, dan Karo. Apalagi, Toba menjadi tempat untuk final yang diselenggarakan selama 2 hari.

“UIM, sebagai panitia penyelenggara kedua event ini menobatkan kita sebagai lokasi penyelenggaraan terbaik serta venue terbaik. Kita baru saja memulai, namun kita sudah mendapatkan penghargaan,” pungkasnya.

(VIT/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi