Pertamina Tanam 10 Ribu Bibit Mangrove di Aceh

Pertamina Tanam 10 Ribu Bibit Mangrove di Aceh
Penanaman bibit mangrove (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Pertamina Sales Area Aceh menghadirkan program berkelanjutan bernama PertaMangrove dengan menanam 10 ribu bibit mangrove di Provinsi Aceh.

Sales Area Manager (SAM) Pertamina Patra Niaga Aceh Surya Suganda menjelaskan, PertaMangrove merupakan program spritual marketing dari Pertamina dan masyarakat untuk ikut andil menjaga bumi.

Program ini diinisiasi dengan melibatkan kontribusi dari konsumen setia Pertamina, khususnya pengguna produk Perta Series.

"Program PertaMangrove ini, sebenarnya program spiritual marketing kita. Setiap pembelian Perta Series selama periode program akan menyumbangkan sejumlah dana, yakni Rp 19, untuk pembelian bibit mangrove. Dalam tahap pertama, program ini berencana menanam total 10.000 bibit mangrove," ujar Surya Suganda pada peluncuran penanaman bibit mangrove di kawasan Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh, Sabtu (30/12).

Lebih lanjut Surya menambahkan, dengan kolaborasi bersama Pemerintah Aceh, terutama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) serta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, PertaMangrove bertujuan menjadi inisiatif nyata dalam mendukung pelestarian mangrove.

Sebelum penanaman bibit pohon mangrove, kegiatan bertajuk MyPertamina Perta Mangrove dimulai dengan penyerahan bibit mangrove secara simbolis diserahkan oleh Susanto August Satria, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagut kepada Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DHLK) Aceh diwakili M Daud.

Penanaman bibit mangrove nantinya difokuskan di Mangrove Park Lampulo, yang akan diarahkan sebagai pusat wisata dan penelitian mangrove di Aceh dengan manajemen yang diselenggarakan Pemerintah Aceh.

Selain penanaman bibit mangrove, kegiatan PertaMangrove juga disemarakkan dengan lomba mewarnai untuk anak dan competion Art untuk tingkat mahasiswa Aceh dengan tema bersama MyPertamina untuk Aceh Lebih Hijau.

Sementara Susanto August Satria bersama Sales Brand Manager Rayon 1 Aceh, Yoga Prabowo, Sr. Supervisor Marketing Support, Suhendra Sembiring dan Jr Ast Lpg Dermawan Tarigan mengungkapkan, kegiatan PertaMangrove ini bukan hanya sekadar penanaman pohon saja, tetapi juga bentuk komitmen Pertamina mendorong penggunaan energi ramah lingkungan.

"Program ini juga menjadi wujud dukungan perusahaan dalam menjaga dan melestarikan ekosistem serta konservasi mangrove di Aceh, sekaligus mengajak masyarakat untuk merasakan menggunakan BBM dengan jenis Perta series yang lebih ramah lingkungan," ungkap Satria.

Dengan langkah-langkah seperti ini, Pertamina menunjukkan kontribusinya dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengajak masyarakat untuk turut serta dalam upaya pelestarian alam.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi