KIP dan PPK Langsa Barat Sosling

KIP dan PPK Langsa Barat Sosling
Komisioner KIP divisi sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan sdm , Fauzan Rizal, S.Pd, didampingi Ketua PPK Langsa Barat, Tarmizi saat melakukan sosialisasi kepada warga Gampong Pulau Teulaga Tujuh (Fusong), Sabtu (10/2). (Analisadaily/Sudirman)

Analisadaily.com, Langsa- Komisi Independen Pemilihan (KIP) kota Langsa dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Langsa, melakukan Sosialisasi pendidikan pemilih terluar keliling (Sosling) di Gampong (desa) Pulau Teulaga Tujuh (Fusong, Sabtu, (10/2).

Pantauan dilapangan terlihat Komisioner KIP divisi sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan sdm , Fauzan Rizal, S.Pd, dan Ketua PPK Langsa Barat, Tarmizi dan anggotanya Syarifuddin serta anggota sekretariat PPK melakukan perjalanan ke Gampong Pulau Teulaga Tujuh demgan menumpangi kapal atau boat penumpang demgan jarak tempuh selama 35 menit.

Disela-sela itu, Fauzan mengatakan, sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat pulau terluar memahami bagaimana cara melakukan pencoblosan pada saat pelaksanaan pemilu yang dilaksanakan pada 14 febuari.

Dikatakan, dalam hal ini masyarakat yang diluar pulau merupakan satu sasaran untuk kita lakukan sosialisasi dan diberikan informasi terkait dengan pemilu 2024.

"Ini merupakan satu-satunya pulau terluar di kota langs ayakni di Gampong Teulaga Tujuh (Fusong). Karenanya, kita sangat intens untuk memberikan informasi mengenai pelaksanaan pemilu,"ujarnya

Diharapkan, kepada masyarakat nantinya yang tidak ada yang golput, bagi masyarakat yang sudah menjadi atau sudah masuk dalam daftar pemilih tetap untuk bersama-sama melakukan pencoblosan dan memahami disaat berada dalam bilik suara.

Dengan kita memberikan sosling kepada masyarakat sehingga paham untuk melakukan pencoblosan pada 14 febuari.

Selain itu, memberikan tata cara pencoblosan dan memasukan surat suara sesuai dengan tongnya.Misalkan, surat suara untuk capres atau cawapres dimasukan ke tongnya, jangan sampai pemilih memasukan surat suara capres/cawapres ke tong DPD atau DPR RI atau lainnya.

"Ini menjadi tanggungjawab dari tugas KPPS untuk memastikan surat suara yang dimasukan oleh pemilih usai pencoblosan sesuai demgan tong suara,"jelasnya.

Sementara Tarmizi, menyebutkan, jumlah DPT sebanyak 1.167 dengan jumlah tempat pemilihan suara (TPS) sebanyak 5. Untuk persiapan pemilu terus dilakukan dan nantinya logistik pemilu seperti tong dan kertas suara akan diantar pada 12 Febuari berhubung lokasi yang sangat jauh.

(DIR/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi