China Nyatakan Siap Bekerja Sama dengan Pemerintah Baru Indonesia

China Nyatakan Siap Bekerja Sama dengan Pemerintah Baru Indonesia
Indonesia-China (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Beijing - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan pada Kamis (15/2/2024) bahwa mereka siap bekerja sama dengan pemerintahan baru Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan menanggapi pemilihan presiden dan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang untuk sementara memimpin hasil penghitungan cepat.

"China ingin melanjutkan kerja sama dengan Indonesia untuk membangun relasi yang memiliki rasa saling percaya," kata pernyataan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataan tertulisnya.

China menyebut Indonesia sebagai adalah tetangga karib.

"Dan kami senang pemilu di Indonesia terselenggara dengan lancar. China sangat menjaga hubungan baik dengan Indonesia," tambahnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan China-Indonesia juga telah mempertahankan momentum yang kuat dan membuka babak baru untuk bersama-sama membangun komunitas dengan masa depan bersama.

"China akan terus memperdalam kerja sama strategis secara menyeluruh dan mendorong hubungan China-Indonesia yang sehat dan stabil dalam jangka panjang dengan tema utama membangun komunitas yang memiliki masa depan bersama sehingga dapat menciptakan manfaat bagi kedua masyarakat," kata pernyataan itu.

Pemilu 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sejauh ini masih unggul dalam hasil hitung cepat (quick count) sementara dari beberapa lembaga survei.

Beberapa lembaga survei seperti Charta Politika, KedaiKOPI, dan Populi Center dalam hasil hitung cepat (quick count) memperlihatkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul dalam perolehan suara Pilpres 2024.

Lembaga-lembaga itu, berdasarkan hasil hitung cepat, juga memperkirakan pemilihan presiden-wakil presiden berlangsung satu putaran dimenangkan oleh pasangan Prabowo-Gibran.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi