Puluhan Pengguna Yamaha XSR 155 di Medan Ikuti Pelatihan Safety Riding

Puluhan Pengguna Yamaha XSR 155 di Medan Ikuti Pelatihan Safety Riding
Seorang peserta safety riding sedang melakukan tes ride. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com,Medan - Puluhan peserta pengguna Yamaha XSR 155 mengikuti pelatihan safety riding, Minggu (25/2). Untuk teori, kegiatan diselenggarakan di Café Lupus, Sunggal, Medan, sedangkan praktek di halaman Sentral Yamaha, Jalan Adam Malik, Kota Medan.

SPV Promotion and Motorsport PT Alfa Scorpii, Saiful Bait dalam pers rilisnya, Senin (26/2) mengatakan, kegiatan safety riding tersebut pematerinya dari Tim Yamaha Riding Academy atau YRA. Dalam latihan itu, para peserta memperoleh pembelajaran mengenai teknik berkendara yang benar.

Menurut Bait, materi ini diberikan karena safety riding menjadi bagian terpenting dalam berkendara. Tanpa pengetahuan safety riding yang baik, pengendara motor bisa celaka. Dengan diadakannya pelatihan ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sehingga bisa nyaman dan percaya diri saat berkendaraan di jalan.

“Aktivitas safety riding dari Yamaha selalu mendapatkan antusiasme yang tinggi karena peserta merasakan manfaat untuk membenahi cara berkendara mereka,” kata Bait.

Tak sekali dua kali PT Alfa Scorpii mengadakan pelatihan untuk konsumennya. Bait mengatakan, PT Alfa Scorpii melalui YRA sudah sering mengadakan kegiatan serupa. Ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi nyata PT Alfa Scorpii memberikan edukasi kepada para pengendara sepeda motor.

“PT Alfa Scorpii konsisten mengadakan edukasi safety riding yang menjadi agenda rutin dan aktif dilaksanakan,” jelasnya.

Doi Tata adalah salah satu peserta pelatihan safety riding pada Minggu itu. Ketua komunitas XSR Brotherhood Indonesia (XBI) Medan itu mengaku, baru pertama kali mengikuti pelatihan dari Yamaha. Menurutnya, kegiatan ini sangat berguna karena ada beberapa hal mengenai teknik berkendara yang belum ia ketahui sebelumnya. Ia menyatakan pelatihan tersebut membuat cara berkendaranya menjadi lebih baik.

“Saya belajar lebih dalam mengenai fungsi safety gear, bagaimana melewati jalan macet dengan lincah, cara lean with the bike, mengatur perpindahan gear dengan baik, memperbaiki posisi berkendara, hingga meredam emosi saat berada dalam situasi tidak menyenangkan di jalanan,” beber Doi Tata. Tidak hanya soal teknik berkendara, dia menambahkan, selama pelatihan juga diajari tentang attitude berkendara di jalanan.

Doin Tata pun mengaku amat menyukai sepeda motornya, XSR 155. Kecintaan Tata terhadap motor berkonsep sport heritage itu tidak datang ujuk-ujuk. Sejak kecil, ia sudah menggemari motor klasik dan karena ayahnya punya bengkel custom otomotif. XSR 155 adalah keluaran pabrikan motor pertama yang dia miliki. Sebelumnya, ia menggunakan motor-motor modifikasi.

Selain gayanya yang klasik, Tata menambahkan, menyukai XSR 155 karena dilengkapi sejumlah fitur dan teknologi modern yang menunjang aktivitas kesehariannya. Produk buatan Yamaha itu juga disebut cocok buat tur jarak jauh.

Tentang Yamaha XSR 155
XSR 155 menyuguhkan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan melalui tampilan desain motor berkonsep sport heritage, fitur berkendara modern, serta performa mesin yang andal dan bertenaga. Tampilan klasik modern pada XSR 155, diwujudkan melalui beberapa sentuhan di berbagai sektor.

Mulai dari model tangki Drip-Shaped yang mampu mendukung kenyamanan saat berkendara, penggunaan jok single seat dengan desain klasik yang stylish, lalu desain lampu depan dan belakang yang berbentuk bulat dengan teknologi LED modern, hingga keberadaan Full LCD Digital Speedometer bergaya retro yang telah dilengkapi dengan Multi Information Display (MID).

Sementara pada bagian kaki-kaki, XSR 155 sudah mengadopsi suspensi Up Side Down (USD) yang tidak hanya memberikan kesan gagah pada motor namun turut meningkatkan handling saat berkendara. Terkait ban sendiri, model ini menggunakan ban berjenis dual purpose yang dirancang untuk mobilisasi di berbagai kondisi jalan dengan ukuran 110/70 di bagian depan dan 140/70 di bagian belakang.

Di sektor jantung pacu, XSR 155 hadir dengan mesin Fuel Injection berkapasitas 155cc, SOHC, 4 langkah berpendingin cairan yang telah dilengkapi dengan teknologi VVA sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,2 kw/10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm/8.500 rpm. Selain itu, motor ini juga telah memiliki fitur Assist & Slipper Clutch yang membuat kopling menjadi lebih ringan dan perpindahan gigi lebih halus.

(ADV/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi