APINDO-PT KINRA Dorong Peningkatan Investasi di KEK Sei Mangkei

APINDO-PT KINRA Dorong Peningkatan Investasi di KEK Sei Mangkei
Launcing program MSIB batch ke-6 melalui APINDO UMKM Merdeka dan peluncuran program Simitra Sumut. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sumatera Utara Prof. Dr. Haposan Siallagan, SH, MH melakukan serangkaian MoU dengan Direktur PT. Kawasan Industri Nusantara (PT. KINRA) Bapak VT. Moses Situmorang, sejumlah universitas di Provinsi Sumatera Utara, launcing program MSIB batch ke-6 melalui APINDO UMKM Merdeka dan peluncuran program Simitra Sumut disaksikan langsung Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, Ketua Umum DPN APINDO Shinta Widjaja Kamdani di Aula Raja Inal Siregar, Lt. 2 Kantor Gubernur Sumatera Utara, Selasa (27/2).


Penandatanganan MoU tersebut menyepakati serangkaian inisiatif strategis untuk mendorong kemajuan investasi di Kawasan Khusus Ekonomi (KEK) Sei Mangkei. Mendorong para investor agar mau berinvestasi dan siap menjadi motor untuk peningkatan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri yang berada di Sei Mangkei.

Ketua DPP APINDO Sumatera Utara Prof. Dr. Haposan Siallagan, SH, MH mengungkapkan dengan adanya MoU diharapkan kedepannya KEK ini dapat berkembang dan maju seperti KEK lainnya yang ada di Indonesia. Begitu pula kerjasama dengan PT. KINRA dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

Lebih lajut ungkap Haposan Siallagan, program-program lainnya juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas para pelaku usaha UMKM sehingga UMKM di Provinsi Sumatera Utara dapat naik kelas dan berkontribusi bagi kemajuan Pembangunan di Provinsi Sumatera Utara.

Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin menyampaikan Pemerintah Provinsi Sumut akan memberikan dukungan penuh terhadap pertumbuhan ekonomi melalui UMKM dan program Simitra yang telah diluncurkan bersama APINDO Sumut.

Menurutnya Pemprov Sumut melalui Dinas Koperasi dan UMKM Sumut dengan APINDO mendorong kolaborasi antar UMKM dan stakeholder usaha lainnya, akan memperkuat ekosistem bisnis lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Hassanudin mengungkapkan untuk mendukung program kemitraan, Pemprov Sumut siap untuk memberikan dukungan penuh bagi pengembangan program kemitraan usaha ini, baik dalam bentuk kemudahan berusaha maupun pemberian insentif fiskal bagi pelaku usaha yang melakukan kemitraan, seperti pengurangan pajak daerah.

Sementara itu, Ketua Umum APINDO Nasional, Shinta Widjaja Kamdani menegaskan komitmen untuk terus mendukung perkembangan UMKM sebagai pilar utama dalam perekonomian daerah. Ia juga menyoroti pentingnya program APINDO UMKM Merdeka yang melibatkan mahasiswa dari berbagai universitas di Sumatera Utara dalam mewujudkan kemajuan UMKM.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi