Universitas ST Bhinneka Mou dengan BKKBN

Universitas ST Bhinneka Mou dengan BKKBN
Tim Universitas ST Bhinneka dan BKKBN Sumut diabadikan usai MoU (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan- Universitas Satya Terra (ST) Bhinneka melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MOA) dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Utara (Sumut) beberapa waktu lalu.

Acara penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Program Studi (Prodi) D3 Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas ST Bhinneka dengan tujuan untuk penguatan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Jadi ini dilakukan sebagai usaha untuk mendukung program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana serta percepatan penurunan stunting yang didasarkan asas untuk saling membantu dan mendukung dalam penerapannya,” ujar Kaprodi Kebidanan Universitas ST Bhinneka, Ria Fazelita Br Gultom, M.Tr.Keb melalui Sekretaris Prodi, Fitri Khoriyah, S Tr Keb, M.Keb, Rabu (6/3/2024).

Hadir dalam penandatangan MoU tersebut, Wakil Rektor I Universitas ST Bhinneka, Rin Rin Meilani Salim, S.Kom M Kom dan Kepala BKKBN Sumut, Dr Munawar Ibrahim, S.Kp, MPH.

Dikatakan Rin Rin, untuk Prodi D3 Kebidanan ke depan akan terus melakukan kerja sama dengan beberapa stakeholder, termasuk dengan Dinas Kesehatan Kota Medan maupun provinsi, beberapa rumah sakit maupun klinik.

“Kerja sama ini dilakukan mengingat dalam beberapa waktu mendatang mahasiswa kebidanan kita juga akan melakukan praktik di lapangan seperti di rumah sakit, klinik maupun di puskesmas,” ujar Rinrin.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BKKBN Sumut yang sudah mau diajak kerja sama. “Jadi dalam waktu dekat sebagai bentuk kerja sama ini BKKBN Sumut akan datang ke kampus kita, mengedukasi mahasiswa kita yang ada di semua prodi terkait nikah dini dan untuk menerapakan cukup dua anak,” sebutnya.

Bukan hanya itu, ia berharap kehadiran universitas mereka juga bisa mendukung program BKKBN bisa berjalan dengan baik di Sumut. ‘Saat ini kita juga sudah kerja sama dengan dunia industri. Mudah-mudahan ini juga sebagai upaya mendukung skill mahasiswa kebidanan kita,” harap Rin Rin.

Kepala BKKBN Sumut, Dr Munawar Ibrahim, S.Kp, MPH mengapresiasi Universitas ST Bhinneka yang mau bekerja sama dengan BKKBN. “Semoga kerja sama ini bisa terus berlanjut dan kita bisa mengedukasi para mahasiswa termasuk dalam hal penananganan stunting,” harapnya.

(NS/BR)

Baca Juga

Rekomendasi