Kaum Ibu Diedukasi Manfaat Tepung Sagu untuk Tingkatkan Gizi Keluarga

Kaum Ibu Diedukasi Manfaat Tepung Sagu untuk Tingkatkan Gizi Keluarga
Kaum Ibu Diedukasi Manfaat Tepung Sagu untuk Tingkatkan Gizi Keluarga (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Simangambat - Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA), anak usaha Austindo Nusantara Jaya (ANJ) di wilayah Padanglawas Utara, mengadakan sosialisasi dengan memberikan edukasi mengenai manfaat tepung sagu kepada Ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kecamatan Simangambat.

Medical Manager & Coordinator Doctor ANJA dr Juni Arman Surbakti, Sr. menyampaikan bahwa perusahaan mendukung upaya peningkatan gizi keluarga melalui perkenalan dan pemanfaatan tepung sagu Sapapua. Tepung sagu merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia bagian timur, terutama di Papua dan Maluku.

“Sagu merupakan sumber karbohidrat asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan mendukung pola makan sehat. Selain itu, sagu memiliki indeks glikemik rendah, dan bebas gluten. Tepung sagu dapat diolah menjadi berbagai menu makanan seperti mie sagu, lontong sagu, dan dessert,” jelas dr. Juni saat memberikan sambutan.

Kepala Puskesmas Langkimat Hasan Basri Nasution juga menyambut baik inisiatif ANJA dalam memanfaatkan tepung sagu Sapapua untuk meningkatkan gizi keluarga.

“Pemanfaatan tepung sagu Sapapua merupakan langkah maju dalam memastikan gizi yang cukup dan seimbang bagi keluarga. Kami berharap melalui kolaborasi ini, tingkat gizi masyarakat dapat meningkat secara signifikan," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi inisiatif yang dilakukan dan menyakini kerja sama tersebut akan membawa dampak positif bagi masyarakat Simangambat.

Setelah mendapatkan informasi bermanfaat, para peserta disuguhkan demo masak yang menarik oleh tim Komite Gender ANJA. Demo ini menunjukkan bagaimana tepung sagu dapat diolah menjadi hidangan lezat dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu peserta, Tanti Agus Damayanti Panggabean dari Ibu PKK Kecamatan Simangambat, mengaku sangat senang mengikuti kegiatan tersebut

"Ternyata, banyak sekali olahan makanan yang bisa dibuat dengan tepung sagu. Ini sangat bermanfaat bagi kami untuk menambah variasi menu keluarga. Kami diajarkan cara membuat kue bolu Klepon dengan tepung sagu Sapapua," ungkap Tanti.

Kegiatan sosialisasi ditutup dengan penyerahan tepung sagu Sapapua kepada seluruh peserta sebagai bentuk nyata dukungan ANJA agar para peserta dapat menerapkan pengetahuan yang didapat. Ke depan, ANJA akan terus mengadakan sosialisasi dan edukasi tentang tepung sagu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat sagu bagi kesehatan.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi