Pembangunan MCK di Desa Sanggapat untuk Cegah Stunting

Pembangunan MCK di Desa Sanggapat untuk Cegah Stunting
Pembangunan MCK di Desa Sanggapat untuk Cegah Stunting (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tapanuli Selatan - Toba Pulp Lestari (TPL) akan membangun 3 titik sarana fasilitas Mandi, Cuci Kakus (MCK) komunal di Desa Sanggapati, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Community Development (CD)/Corporate Social Responsibility (CRS) Officer Spesialis Pendidikan dan Kesehatan TPL, Yessy Winda Panggabean mengatakan, pembangunan MCK ini dilakukan untuk mendukung program pencegahan dan percepatan penurunan angka stunting.

"Pembangunan MCK ini merupakan aksi nyata TPL dalam rangka mencegah dan menurunkan angka stunting," ujarnya, Selasa (7/5).

Dia mengatakan, pembangunan MCK ini sangat perlu dilakukan di wilayah pedesaan untuk mendukung pola hidup yang bersih dan sehat.

"Sehingga kami menganggap pembangunan MCK komunal ini sangat perlu dilakukan," katanya.

Selain mencegah dan menurunkan angka stunting, Yessi menambahkan, pembangunan MCK ini juga sekaligus untuk mendukung SDM yang sehat dan kualitas pendidikan.

"Sebab kesehatan maupun pendidikan adalah satu kesatuan yang saling berkaitan," ucapnya.

Selain pembangunan MCK komunal, Yessi menambahkan, pihaknya juga akan memberikan bantuan ketahanan pangan berupa pemberian bibit ika. lele dan kolam terpal.

"Pemberian bantuan bibit ikan lele ini diharapkan bisa menambah asupan protein keluarga dan sisanya nanti bisa dijual," katanya.

CD/CSR Officer Spesialis Pertanian TPL, Hema Butarbutar menambahkan, selain pembangunan MCK dan pemberian bantuan bibit ikan lele, pihaknya juga saat ini sedang membuat program Padi Emas.

"Ini merupakan salah satu program yang diharapkan dapat berdampak langsung karena mayoritas masyarakat di wilayah operasional TPL adalah petani, khususnya padi," imbuhnya.

(CAN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi