DPK Muamalat Meningkat Pada 3 Bulan Pertama 2024

DPK Muamalat Meningkat Pada 3 Bulan Pertama 2024
Direktur Utama Bank Muamalat, Indra Falatehan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com Jakarta - Bank Muamalat mencatatkan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada tiga bulan pertama tahun 2024. Dana murah atau Current Account and Saving Account (CASA) menjadi penopangutama dengan pertumbuhan sebesar 11,7% secara year on year (yoy), dimana giro menjadi penyumbang pertumbuhantertinggi yakni sebesar 39,4% (yoy).

Direktur Utama Bank Muamalat, Indra Falatehan mengatakan, secara umum DPK pionir bank syariah di Tanah Air initumbuh 1,3% (yoy) dari Rp45,5 triliun per 31 Maret 2023 menjadi Rp46,1 triliun per 31 Maret 2024. Dana murah, khususnya giro, menjadi andalan seiring dengan strategi perseroan yang aktif menawarkan layanan pengelolaankeuangan berbasis internet atau Cash Management System(CMS) kepada nasabah.

“Meningkatnya DPK mencerminkan tingkat kepercayaannasabah kepada Bank Muamalat yang tetap terjaga denganbaik. Selain itu, kami juga aktif menjalin kerja sama denganberbagai instansi di sektor pendidikan, rumah sakit dan lembaga sosial. Salah satu layanan yang kami tawarkanadalah CMS yang diberi nama MADINA. Hal ini membuatpenempatan giro untuk kebutuhan transaksi nasabah turutmeningkat,” ujarnya, Rabu (8/5).

Adapun penyaluran pembiayaan Bank Muamalat per 31 Maret 2024 tercatat sebesar Rp21,4 triliun, tumbuh 10,2% (yoy).Hasilnya, Financing to Deposit Ratio (FDR) perseroan juga ikut meningkat dari 42,47% per 31 Maret 2023 menjadi46,32% pada akhir Maret 2024. Sedangkan laba sebelumpajak Bank Muamalat tercatat senilai Rp5,0 miliar per 31 Maret 2024.

Aset Bank Muamalat tercatat sebesar Rp64,9 triliun, meningkat 5,4% (yoy) dari sebelumnya yang sebesar Rp61,6 triliun. Perseroan juga berhasil menjaga kualitas aset yang terlihat dari rasio Non Performing Financing (NPF) sebesar1,17% (nett).

Indra menambahkan, total modal Bank Muamalat per 31Maret 2024 tercatat sebesar Rp6,9 triliun. Adapun rasiokecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) sebesar30,93% per akhir Maret 2024. Rasio tersebut berada jauh di atas ambang batas ketentuan regulator.

Optimalisasi jaringan dan layanan digital

Dalam rangka meningkatkan kinerja perseroan, Bank Muamalat terus melakukan optimalisasi jaringan kantorcabang dan ATM. Per 31 Maret 2024, jumlah kantor cabangBank Muamalat sebanyak 235 yang terdiri dari 80 kantorcabang termasuk 1 kantor cabang di Kuala Lumpur, Malaysia, dan 155 kantor cabang pembantu.

Dalam hal layanan digital, Bank Muamalat memiliki aplikasiMuamalat Digital Islamic Network (MDIN) untuk nasabahperorangan dan internet banking Muamalat Digital Integrated Access (MADINA) untuk nasabah korporasi.

Pengguna Muamalat DIN sudah berhasil menembus angkasetengah juta dengan jumlah fitur sebanyak 205 yang meliputitransfer, pembayaran, top up, pembelian, dan tarik tunaimelalui Indomaret. Selain itu, Bank Muamalat juga mendorong peningkatan pembukaan rekening secara online melalui fitur digital customer on board. Saat ini pembukaanrekening secara online via Muamalat DIN telah mencapairata-rata 350 rekening per hari atau meningkat lebih dari tigakali lipat.

Peringatan Milad

Pada 1 Mei 2024, Bank Muamalat memperingati milad ke-32 tahun. Menyemarakkan perayaan milad tersebut, bank pertama murni syariah ini meluncurkan program menabungberhadiah umrah dalam campaign bernama “Muamalat Tebar Rezeki 2024”.

Program menabung ini memberikan kesempatan kepadanasabah untuk memenangkan tiket umrah setiap bulan. Total sebanyak 32 paket umrah disediakan baik berupa hadiahlangsung maupun undian kepada para nasabah yang berpartisipasi. Nasabah dapat meningkatkan peluangmemenangkan hadiah umrah dengan menambahkan dana kedalam rekening tabungan atau giro di Bank Muamalat.

Selain itu, Bank Muamalat menggelar tasyakuran milad yang diikuti oleh karyawan di Muamalat Tower dan juga seluruhkantor cabang secara virtual. Digelar pula sejumlah kegiatanuntuk karyawan yang bertajuk BerAKSI – Bergerak untukAkselerasi, Transformasi, dan Sustainability di antaranya aksidonor darah oleh karyawan, pembagian buklet literasi syariah untuk 32 perpustakaan di Indonesia dan penanaman pohonmangrove.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi