Capaian PBB-P2 Melonjak Pesat, Potongan 5 Persen Terbukti Jitu

Capaian PBB-P2 Melonjak Pesat, Potongan 5 Persen Terbukti Jitu
Capaian PBB-P2 Melonjak Pesat, Potongan 5 Persen Terbukti Jitu (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Pengurangan pokok Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) sebesar 5 persen kepada wajib pajak yang melakukan pembayaran selama 28 Maret - 31 Mei 2024, terbukti jitu menaikan persentase mencapai 448,6 persen.

Hal tersebut dilakukan Pemkab Deliserdang melalui Gebyar PBB-P2 Tahun Pajak 2024. Hingga akhir Mei 2024 saja, raihan PBB-P2 sudah mencapai Rp 65.774.625.595 dengan partisipasi 52.562 wajib pajak.

Kenaikan fantastis ini dibanding periode yang sama tahun lalu, mendapat apresiasi positif dari Pj Bupati Deliserdang, Wiriya Alrahman. Diketahui, penerimaan PBB-P2 pada periode yang sama tahun lalu, hanya mencapai Rp14.663.820.272.

"Kenaikan yang signifikan ini adalah hasil dari kerja keras dan sinergi semua pihak," ungkap Wiriya pada penarikan undian Gebyar PBB-P2 tahun 2024 di Lapangan T Raja Muda, Lubukpakam, Jumat (7/6).

Kenaikan signifikan ini, lanjutnya, tidak terlepas dari partisipasi masyarakat, khususnya wajib pajak yang telah patuh dan taat dalam melaksanakan kewajibannya.

Dia menegaskan, PBB-P2 merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang sangat penting bagi pembangunan daerah. Dari penerimaan pajak inilah nantinya digunakan untuk membiayai berbagai program dan kegiatan.

"Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan lain lainnya," imbuh Wiriya.

Selain kepada wajib pajak, Wiriya juga memberi apresiasi kepada seluruh stakeholder yang terlibat pada program Gebyar PBB-P2 tersebut. Khususnya kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Deliserdang dan jajaran, para camat, lurah/kepala desa yang bekerja keras mengoordinasikan dan melaksanakan program tersebut.

Apresiasi juga diberikan kepada pimpinan Bank Sumut, Bank Mandiri, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). "Kesuksesan program ini tidak mungkin tercapai tanpa partisipasi aktif kita semua," lanjutnya.

Pj Bupati Wiriya meyakini, dengan komitmen dan kerja sama yang solid, pada tahun mendatang capaian target penerimaan pajak yang lebih tinggi akan kembali bisa diwujudkan.

Pada kesempatan sama, Kepala Bapenda Deliserdang M Salim melaporkan, selama Gebyar PBB-P2 tersebut diberi kesempatan kepada wajib pajak untuk meraih hadiah satu paket umrah (wisata religi), 3 unit sepeda motor Yamaha Fazzio, 3 unit sepeda listrik Genio, 1 unit mesin cuci, kulkas, dan hadiah menarik lainnya.

Disaksikan Sekdakab Deliserdang Timur Tumanggor, anggota DPRD Deliserdang, M Darwis Batubara, para pimpinan OPD, para pimpinan bank yang terlibat dan para wajib pajak, Pj Bupati Wiriya menyerahkan hadiah utama kepada Mestika Mandala Perdana.

(RIO/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi