PKM LPPM Unimed Tingkatkan Kompetensi Guru-guru Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

PKM LPPM Unimed Tingkatkan Kompetensi Guru-guru Bahasa Inggris  SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
PKM LPPM Unimed. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam rangka Program Kemitraan Masyarakat (PKM) LPPM Universitas Negeri Medan (Unimed). Tim pelaksana PKM yang terdiri dari dosen serta mahasiswa mengadakan kegiatan meningkatkan kompetensi guru-guru Bahasa Inggris dibawah naungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam menyusun perangkat pembelajaran dengan menggunakan aplikasi berbasis AI (Artificial Intelligent/ Kecerdasan Buatan) yang disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka.

“Pelaksanaan PKM berlangsung selama 6 minggu dengan model pembelajaran blended learning (pembelajaran campuran) dimana pelaksanaan pertemuan secara tatap muka di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, dan pelaksanaan secara daring melalui Google Classroom”, ujar Citra Anggia Putri, S.S., M.Hum sebagai ketua tim.

Kegiatan dimulai dari tanggal 11 Mei 2024 sampai dengan 14 Juni 2024, diikuti guru-guru MGMP bahasa Inggris SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Tim PKM diketuai Citra Anggia Putri, S.S., M.Hum, anggota: Winda Setiasari, M.Hum, Ph.D, Dr. Anna Riana Suryanti Tambunan, M.Hum., Abdul Rais, S, Pd., M.Si., dan mahasiwa-mahasiswa Unimed. Adapun mitra PKM adalah MGMP Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan diketuai Irfah Zukhairiyah, M.Si.

Pembukaan pelaksanaan PKM oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Percut Sei Tuan diwakili Sukirman, S.Pd (Waka Kesiswaan). Tukimin, S.Pd (Waka Sapras) menyampaikan: “LPPM Unimed melalui tim dosen PKM yang bertujuan membantu meningkatkan keterampilan guru – guru bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam penguasaan pembelajaran berbasis teknologi sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada”.

PKM LPPM Unimed.
“Diharapkan kegiatan PKM ini mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru bahasa Inggris yaitu kurangnya pemahaman dalam mengintegrasikan teknologi terkini berbasis AI dalam merancang dan menyusun perangkat pembelajaran di SMK dengan kurikulum merdeka,” ujar Citra.

Dengan berlangsungnya kegiatan ini, mitra yang diwakilkan oleh Ketua MGMP Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Irfah Zukhairiyah, M.Si., mengucapkan, “Terima kasih kepada tim PKM Unimed yang telah memberikan pendampingan dan memfasilitasi pengembangan kompetensi guru-guru bahasa Inggris dan sangat berharap keberlanjutan kegiatan PKM seperti ini dapat dilaksanakan di masa mendatang sehingga mampu menambahkan keterampilan dan profesionalisme guru-guru dalam melaksanakan tugasnya di dunia pendidikan dengan lebih baik lagi”.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi