Webinar Nasional Kebidanan ST Bhinneka, Bahas Peran Bidan Hadapi Perubahan Iklim

Webinar Nasional Kebidanan ST Bhinneka, Bahas Peran Bidan Hadapi Perubahan Iklim
Pemateri dan peserta diabadikan usai Webinar Nasional Kebidanan ST Bhinneka (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Program Studi (Prodi) D3 Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Satya Terra (ST) Bhinneka melaksanakan Webinar Nasional Kebidanan dengan tema “Peran Bidan Dalam Menghadapi Perubahan Iklim”.

Webinar ini dilaksanakan, Senin (24/6) dengan menghadirkan para pembicara yakni Dr. Irma Linda, S.Si.T., M.Kes selaku Dosen Poltekkes Kemenkes Medan yang membawakan materi “Asuhan Masa Sebelum Hamil untuk Kehamilan Sehat dan Lahirnya Generasi Unggul”. Selanjutnya dr. Rina Faryska Effendy perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara yang membawakan materi “Peran Bidan dalam Penanggulangan Stunting”. Acara ini dimoderatori oleh Dosen Kebidanan yakni Yusmalia Hidayati, S.Tr.Keb., M.Keb dan juga dihadiri Ketua IBI Kota Medan, Rohma Sitanggang SST serta Rinawati Sembiring, SSiT, M.Kes selaku Ketua AIPKIND Sumut.

Ketua Program Studi D3 Kebidanan, Ria Fazelita Br Gultom, S.Tr.Keb., M.Tr.Keb dalam sambutannya berharap dari webinar nasional tersebut dapat menyatukan visi dan misi para bidan dalam menghadapi tantangan kesehatan ibu dan anak di masa depan.

“Saya juga berharap dari kegiatan ini dapat memperkuat komitmen dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas,” ujar Ria sambil menyebutkan bahwa webinar nasional kebidanan tersebut merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan Prodi Kebidanan Universitas ST Bhinneka.

Selain webinar nasional kebidanan, Prodi D3 Kebidanan ST Bhinneka juga melaksanakan Scientific Midwifery Competition (SMC) ke 1. Acara ini merupakan kegiatan ilmiah kebidanan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, keterampilan dan pengetahuan mahasiswa bidan melalui lomba poster, lomba video edukasi dan olimpiade kebidanan.

“Lomba ini diikuti oleh 117 orang peserta baik itu dari Pulau Sumatera maupun dari Pulau Jawa. Dan pengumumannya kami bacakan saat webinar selesai. Semoga kita terus melaksanakan kegiatan seperti ini karena ini merupakan kegiatan perdana yang kita laksanakan,” harap Ria.

(NS/BR)

Baca Juga

Rekomendasi