Tim Pengabdian Internasional FIB USU MoA dan IA dengan Pasar KAMU Deliserdang

Tim Pengabdian Internasional FIB USU MoA dan IA dengan Pasar KAMU Deliserdang
Tim Pengabdian Internasional FIB USU MoA dan IA dengan Pasar KAMU Deliserdang. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Tim Pengabdian Internasional Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Agreement (IA) yang telah ditandatangani Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Dra. T. Thyrhaya Zein, M.A., dengan Pasar KAMU Deliserdang, kemudian dilanjutkan penandatangan MOA – IA Fakultas Ilmu Budaya USU – Pasar KAMU oleh Dedi Sofyan pada Minggu 30 Juni 2024.

Penandatanganan MOA dan IA merupakan agenda dan bagian kerja sama pengabdian internasional Tim Pengabdian Internasional FIB USU, The Office of Muslim Committee of Bangkok Metropolis, Universitas Thammasat dan Pasar KAMU.

Ketua Tim Pengabdian Internasional FIB USU Prof. Budi Agustono menyampaikan kerja sama Pasar KAMU terutama kegiatan bazar pedagang kuliner menengah bawah yang diadakan setiap Minggu telah membangkitkan ekonomi lokal dan mendatangkan pendapatan pedagang kuliner menengah bawah.

"Setiap Minggu Pasar KAMU dibanjiri pengunjung dari berbagai daerah untuk merasakan nikmat dan enaknya makan pagi di perkampungan teduh karena rindangnya pepohonan dan di kelilingi persawahan membuat pengunjung merasa nyaman di tengah keramaian pengunjung," ujarnya.

Guru Besar Ilmu Sejarah ini mengatakan, karena keberhasilan mengelola pedagang kuliner menengah bawah Tim Pengabdian Internasional menggandeng Dedi Sofyan melakukan pelatihan kepada pedagang menengah kecil masyarakat Bangkok Thailand.

Pendiri Pasar KAMU Dedi Sofyan mengatakan kerja sama dengan Tim Pengabdian Internasional merupakan awal dari menginternasionalisasi Pasar KAMU ke masyarakat Bangkok Thailand dengan melakukan pelatihan dan penguataan ekonomi masyarakat Negeri Gajah Putih ini.

Tim Pengabdian Internasional FIB USU akan ke Bangkok Thailand 2 – 7 Juli 2024 dengan agenda pertama, Wakil Dekan III FIB USU Pujiono Ph.D dan Prof. Budi Agustono akan bertemu Dekan Fakultas Liberal Arts Universitas Thammasat Bangkok, Direktur Pusat Kajian Asia Timur Universitas Thammasat, dan Tokoh Muslim Bangkok dan Pedagang Menengah Bawah atau Usaha Menengah Kecil Mikro di Bangkok.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi