Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU Berikan Layanan Eksekutif Spesialis Kedokteran Gigi

Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU Berikan Layanan Eksekutif Spesialis Kedokteran Gigi
Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU saat merayakan Dies Natalis ke-22. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Sumatera Utara (USU) merayakan Dies Natalis ke-22 dengan tajuk “Towards the New Look of RSGM USU” Senyum Maksimal Layanan Optimal Bersama RSGM USU. Kegiatan berlangsung di Gedung RSGM USU, pada Kamis (27/06) lalu.

RSGM USU merupakan rumah sakit khusus yang sejarahnya dimulai dari sebuah Dental Clinic, kemudian Balai Pengobatan Gigi, dan akhirnya menjadi RSGM USU pada tahun 2002. Pada perayaan dies natalis kali ini, RSGM USU meluncurkan layanan eksekutif spesialis kedokteran gigi.

Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan menyatakan bahwa usia menunjukkan kemajuan dan kontribusi yang diharapkan.

Membangun rumah sakit yang memiliki fungsi sebagai lembaga pendidikan dan layanan publik yang didalamnya ada bisnis, bukanlah mudah, dan hal tersebut penting untuk menambah sumber pendapatan terutama untuk kampus PTN-BH. Oleh karena itu, rektor menekankan universitas akan senantiasa mendukung RSGM USU.

“Sebetulnya tidak mudah punya dua fungsi sekaligus, pendidikan dan layanan publik yang di dalamnya ada bisnis. Kampus PTN-BH itu sudah harus tidak punya ketergantungan lagi dengan pemerintah. Kita ada banyak unit layanan untuk memberikan sumber tambahan. RSGM menjadi salah satunya. Universitas akan selalu mensupport itu,” tutur Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) USU Dr. drg. Essie Octiara Sp.KGA., Subsp.PKOA(K) menyatakan bahwa RSGM USU merupakan mitra yang sangat penting karena menjadi wahana pendidikan utama bagi mahasiswa. Beliau juga mengatakan akan mendukung pembukaan klinik spesialis tersebut.

“Sebagai mitra yang paling penting dimana kami menitipkan mahasiswa, wahana pendidikan utama bagi mahasiswa kami, kami sangat mengharapkan RSGM USU akan semakin berkembang. Dan di momentum kali ini kami sangat mensupport dengan bukanya klinik spesialis,” kata Dr. drg. Essie Octiara Sp.KGA., Subsp.PKOA(K).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara diwakili oleh dr. M. Emirsyah, MKM juga dalam sambutannya mengungkapkan minimnya rumah sakit khusus di bidang gigi dan mulut di Sumatera Utara. Ini menjadi peluang dan tantangan bagi RSGM USU untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan mudah diakses.

Ia berharap kehadiran RSGM USU dapat semakin dirasakan oleh seluruh masyarakat Sumatera Utara. “Untuk menopang sistem pelayanan kesehatan rujukan di provinsi Sumut hanya terdapat 2 rumah sakit khusus di bidang mulut. Ini menjadi peluang dan tantangan bagi RSGM dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan mudah diakses. Saya berharap kehadiran RSGM USU di usia yang ke-22 tahun ini dapat semakin dirasakan oleh seluruh masyarakat Sumut,” ungkapnya.

Direktur RSGM USU drg. Siti Salmiah Sp.KGA.Subsp.KKA(K) menjelaskan, makna tema tahun ini mencerminkan harapan untuk RSGM USU dimasa yang akan datang, memperlihatkan wajah baru RSGM USU baik dari segi tampilan fisik maupun non fisik. Pada masa sekarang RSGM USU hanya berprioritas sebagai penunjang akademik saja, tetapi lebih besar dari itu RSGM dapat berperan sebagai Rumah Sakit Khusus yang dapat menjadi pusat rujukan perawatan gigi karena RSGM USU memiliki dokter gigi, dokter gigi spesialis maupun subspesialis terbanyak dan terlengkap di wilayah Sumatera khususnya Sumatera Utara.

Ia juga menyampaikan RSGM USU yang selama ini dikenal hanya sebagai tempat praktek mahasiswa,coass dan reseiden spesialis gigi (PPDGS) saja, sebenarnya dengan lengkapnya dokter gigi spesialis yang ada dapat memberikan pelayanan maksimal karena dapat terintegrasi dan berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu sehingga perawatan gigi yang maksimal bagi masyarakat dapat tercapai.

"Jadi silahkan datang ke RSGM untuk melalukan perawatan gigi yang kopmprehensif,” jelas drg. Siti Salmiah Sp.KGA.Subsp.KKA(K) yang saat itu didampingi oleh Wakil Direktur I drg Ranu Putra Armidin M.KM dan Ketua panitia Dies dr Putra Diando Utama Ritonga.

Pada acara Dies Natalis RSGM USU ke-22 ini diawali dengan kegiatan pra dies yang diadakan pada tanggal 09 Maret 2024 berupa Seminar dan Workshop Service Excelent untuk pegawai RSGM, pengabdian masyarakat seperti perawatan gigi, Pemeriksaan KDG, kolesterol dan asam urat serta donor darah.

Pada acara puncak dies kali ini juga dilakukan pengabdian masyarakat yang sama ditambah lagi dengan adanya seminar sehari kedokteran gigi, bazar dan perawatan gigi untuk seluruh pimpinan di Universitas Sumatera Utara.

“Kita juga melakukan perawatan gigi berupa scalling atau pembersihan karang gigi kepada Bapak Rektor, Dekanat, Kepala dan Badan serta pimpinan lainnya di lingkungan Universitas Sumatera Utara,” ujar drg. Siti Salmiah Sp.KGA.Subsp.KKA(K).

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi