Perkuat Ekonomi dan Permudah Regulasi

Perkuat Ekonomi dan Permudah Regulasi
Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Saat membuka Pekan Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS) yang digelar di depan Masjid Raya Medan, Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman menyampaikan pesan agar mempermudah regulasi dalam pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Halal bagi para pelaku UMKM.

Sebab, apabila regulasi ini dipermudah maka perekonomian pun akan semakin kuat.

"Kita harus memperkuat ekonomi dengan cara mempermudah regulasi, karena itu Pemko Medan sudah bekerjasama dengan MUI Kota Medan untuk memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mengurus NIB dan Sertifikat Halal. Saya yakin bila ekonomi kita kuat, masyarakat akan sejahtera," kata Aulia Rachman, Rabu (18/7) malam.

Aulia yang hadir mewakili Wali Kota Medan, Bobby Nasution, juga mengatakan, Pemko Medan secara masif terus menghidupkan UMKM yang ada dengan cara memasukan produk UMKM kedalam e-catalog Kota Medan agar dapat digunakan Pemko Medan. Namun syarat untuk masuk ke dalam e-catalog, UMKM tersebut haruslah memiliki NIB dan Sertifikat Halal.

"Kami menjadikan Pemko Medan sebagai market bagi pelaku UMKM, dengan begitu pelaku UMKM kita dapat berkembang dan produk yang dihasilkan semakin berinovasi," bilang Aulia.

Aulia mengimbau kepada masyarakat agar segera mengurus NIB dan Sertifikat Halal, mengingat pentingnya NIB dan Sertifikat Halal tersebut dalam menjalankan usaha.

"Segera lakukan pengurusan akan dimudahkan dan tidak dipungut biaya," pungkas Aulia.

Dalam kesempatan itu, Aulia juga turut menyerahkan secara simbolis Sertifikat Halal dan NIB bagi pelaku UMKM.

Acara yang berlangsung dari 17 hingga 21 Juli 2024 tersebut, memberikan keberkahan bagi para pelaku UMKM yang berjualan di acara itu. Salah satunya Fathur Rahman yang berjualan Ice Cream Gulung.

Fathur mengaku senang dengan adanya acara seperti ini, sebab menjadi wadah baginya untuk mempromosikan daganganya.

"Alhamdulillah dengan adanya acara seperti ini penjualan kami semakin meningkat," kata Fathur.

Ketua MUI Kota Medan, Hasan Matsum mengatakan, pihaknya memiliki 2 tugas utama, yaitu mendukung program Pemerintah Pusat dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai global halal hub tahun 2024 yang sudah dicanangkan Presiden RI Joko Widodo.

"Kita terus mengejar tercapainya global halal hub ini, karema itu kami siap membantu apabila ada UMKM yang ingin mendaftarkan produknya untuk mendapatkan Sertifikat Halal," kata Hasan.

Lalu, tugas berikutnya mendukung suksesnya program Masjid Mandiri yang telah dicanangkan Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

"Kami terus mendorong agar program ini berjalan sukses demi kepentingan jemaah masjid itu sendiri," pungkasnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi