Program Literasi Inovasi Mahasiswa PPG Prajabatan UMSU Gunakan KOLEPUJA di Rumah Literasi Ranggi

Program Literasi Inovasi Mahasiswa PPG Prajabatan UMSU Gunakan KOLEPUJA di Rumah Literasi Ranggi
Program Literasi Inovasi Mahasiswa PPG Prajabatan UMSU Gunakan KOLEPUJA di Rumah Literasi Ranggi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) terlibat dalam inisiatif literasi inovatif yang mengedepankan penggunaan teknologi dan metode kreatif.

Program ini, yang dikenal dengan nama Komik Legenda Putri Hijau (KOLEPUJA), dilaksanakan di Rumah Literasi Ranggi, di Kompleks Perumaha n PWI, Jalan PWI, Desa Sampali, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, baru-baru ini.

Perwakilan mahasiswa PPG, Eliezer Siringoringo mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memperkuat keterampilan literasi calon pendidik melalui pendekatan yang menyegarkan dan relevan dengan kebutuhan pendidikan saat ini.

“Dalam konteks pendidikan, literasi adalah keterampilan dasar yang esensial bagi semua pendidik. Menyadari pentingnya penguasaan literasi yang baik, mahasiswa PPG Prajabatan UMSU meluncurkan program KOLEPUJA sebagai bagian dari upaya PPG Prajabatan untuk memperkenalkan metode dan teknik literasi yang inovatif. Rumah Literasi Ranggi dipilih sebagai lokasi pelaksanaan karena komitmennya terhadap pengembangan literasi dan inovasi dalam pendidikan,” katanya, dalam keterangan Selasa (30/7).

“KOLEPUJA benar-benar mengubah cara saya memandang literasi. Metode yang diterapkan dan alat yang diperkenalkan sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan saya dan mempersiapkan saya untuk mengajar dengan lebih baik,” ujar Eliezer Siringoringo.

Dijelaskan, KOLEPUJA, singkatan dari Komik Legenda Putri Hijau, dirancang dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memperkaya keterampilan literasi mahasiswa, antara lain Pelatihan Teknik Membaca di mana berfokus pada cara menganalisis dan memahami teks secara mendalam, yang sangat penting bagi pendidik untuk mengajarkan pemahaman bacaan kepada siswa mereka.

Metode pelaksanaan program mengutamakan partisipasi aktif dan pendekatan yang menyenangkan untuk memastikan keterlibatan penuh dari peserta.

Ketua Yayasan Rumah Literasi Ranggi menyambut baik pelaksanaan program KOLEPUJA. Program seperti ini sangat membantu dalam meningkatkan minat baca anak-anak. Dengan pendekatan yang inovatif, diharapkan siswa dapat lebih termotivasi untuk membaca dan belajar.

"Kami berharap lebih banyak program kreatif seperti ini diadakan, karena sangat bermanfaat bagi perkembangan anak-anak untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di lingkungan sekitar" ujarnya.

Salah satu siswa, Riani, mengungkapkan kegembiraannya dalam mengikuti kegiatan ini. "Saya jadi suka membaca puisi dan menulis cerita. Ternyata membaca itu menyenangkan," katanya dengan penuh semangat dan gembira.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi