Cipayung Plus Nyatakan Dukung Penuh KPU dan Bawaslu Tapsel, Demi Pilkada Damai

Cipayung Plus Nyatakan Dukung Penuh KPU dan Bawaslu Tapsel, Demi Pilkada Damai
Cipayung Plus Nyatakan Dukung Penuh KPU dan Bawaslu Tapsel, Demi Pilkada Damai (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Seratusan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus mendatangi Kantor KPU dan Bawaslu Tapanuli Selatan (Tapsel) di Sipirok, Rabu (31/7).

Mereka menyatakan dukungan penuh kepada KPU dan Bawaslu, dalam melaksanakan proses tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tapsel.

"Cipayung Plus mendukung penuh KPU dan Bawaslu Tapsel demi berlangsungnya Pilkada Damai 2024," ujar para orator aksi silih berganti.

Pantauan, seratusan massa Cipayung Plus ini mengawali aksi damainya di KPU Tapsel sekira pukul 14.30 WIB.

Meski diguyur hujan, massa Cipayung plus tidak henti berorasi menyuarakan dukungan penuh kepada KPU dan Bawaslu Tapsel.

Guyuran hujan yang membasahi almamater dan baju mereka, tidak menurunkan semangat dan perjuangan demi rasa cinta terhadap Kabupaten Tapsel.

"Kami mendukung KPU dan Bawaslu Tapsel dalam menjalankan mekanisme Pilkada sesuai perundang-undangan yang berlaku. Dalam alam demokrasi, suara rakyat adalah suara Tuhan, sehingga tidak ada yang boleh mengintervensi suara rakyat," tegas Umar Doly Hasibuan, salah satu orator aksi.

Usai berorasi silih berganti, massa Cipayung Plus Padangsidimpuan-Tapsel membacakan pernyataan sikap yang antara lain berisi, mendukung penuh KPU dan Bawaslu Tapsel untuk menegakkan Pemilu yang jujur dan adil.

Menolak segala bentuk deligitimasi dan intimidasi terhadap tahapan selama proses Pilkada serentak pada November 2024.

Meminta kepada seluruh peserta Pemilu dan pihak kelompok masyarakat, untuk tidak menyebarkan berita hoaks yang dapat menimbulkan kegaduhan, kegamangan kepada masyarakat, dan lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara, terutama di Tapsel tercinta.

Mendukung penuh Bawaslu dalam mengawasi tahapan-tahapan Pilkada, seperti tahapan pencalonan, baik jalur perseorangan maupun partai politik, serta tidak diskriminatif dalam menjalankan tugas dan kewenangan.

Menanggapi peryataan sikap itu, Ketua KPU Tapsel, Zulhajji Siregar, bersama para Komisioner lainnya, seperti Efendi Rambe dan Khoirun Saleh Harahap, mengatakan, kehadiran mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus menjadi kekuatan besar bagi penyelenggara Pemilu.

"Rasa syukur dan bahagia kami karena masih banyak mahasiswa yang mendukung, supaya perjalanan tahapan-tahapan ini menuju demokrasi yang damai jujur dan adil," ucapnya.

Dalam aksinya itu, massa Cipayung Plus membubuhkan tanda tangan, bentuk dukungan kepada KPU dan Bawaslu di atas kain putih.

Kain putih bertema mendukung KPU dan Bawaslu demi terwujudnya Pilkada Damai 2024 itu, mereka bentangkan di pagar Kantor KPU Tapsel.

Usai menggelar aksi di KPU Tapsel, massa Cipayung Plus bergerak menuju Kantor Bawaslu Tapsel guna menyuarakan pernyataan sikap yang sama.

Setelah menyerahkan pernyataan sikapanya kepada Bawaslu Tapsel, massa Cipayung plus akhirnya membubarkan diri dengan tertib sekira pukul 17.00 WIB.

Pernyataan sikap itu ditandatangani para Ketum Cipayung Plus Tapsel-Padangsidimpuan, yaitu Ahmat Rasyif Rambe, Ketum HMI Cabang Sidimpuan.

Nasiruddin Hasibuan, Ketum HIMMAH Tapsel-Sidimpuan. Tobat Wahyudi Nasution Ketum PC IMM Tapsel-Sidimpuan. Henni Marito Siregar, Ketum PMII Tapsel-Sidimpuan.

Zul Ardi Hasibuan, Ketum KAMMI Tapsel-Sidimpuan dan Pahmi Yahya Damanik, Ketum GMNI Tapsel-Sidimpuan.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi