Kolaborasi Tim PKM Unimed dan SMKS Setia Budi Binjai Siapkan Lulusan dengan Kompetensi Bahasa Inggris untuk Industri

Kolaborasi Tim PKM Unimed dan SMKS Setia Budi Binjai  Siapkan Lulusan dengan Kompetensi Bahasa Inggris untuk Industri
Kolaborasi Tim PKM Unimed dan SMKS Setia Budi Binjai. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Binjai - Meningkatkan penguasaan kompetensi bahasa Inggris murid SMK, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan program “Pendampingan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris Berbasis English For Spesific Purpose (Esp) Bagi Guru SMK Swasta Setia Budi Kota Binjai. Program ini menjadi bagian dari pengabdian masyarakat para dosen dan mahasiswa yang dikelola melalui LPPM Unimed.

Kegiatan PKM ini digagas dosen sekaligus Narasumber Mara Untung Ritonga, S.S., M.Hum., Ph.D, beserta tim Tiarnita Maria Sarjani Br. Siregar, S.Pd., M.Hum, Dr. M. Joharis, M.Pd. Tim menyambangi SMK Swasta Setia Budi, Binjai, Kamis (1/8). Pada kesempatan ini mitra diberikan pembekalan berupa program pelatihan dan pendampingan mengembangkan desain pembelajaran yang bermanfaat untuk peningkatan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa SMKS Setia Budi sesuai dengan bidangnya.
Ketua tim PKM Mara Untung Ritonga, S.S., M.Hum., Ph.D dalam paparannya menyampaikan “English for Specific Purposes merupakan pembelajaran Bahasa Inggris secara khusus pada bidang tertentu. Kemampuan ESP ini sangat dibutuhkan karena aplikasi penerjemah instan yang tersedia secara luas belum dapat menerjemahkan terminology secara tepat. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa sesuai dengan bidangnya. Jadi kita akan membahas dan berkolaborasi untuk membuat dessain pembelajaran yang menstimulus siswa mampu menggunakan bahasa Inggris teknik yang sesuai dengan kejuruannya”.
Menurut Mara Mara Untung Ritonga, S.S., M.Hum., Ph.D, kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang ESP (Visual Communication Design) dan mengembangkan serta mengaplikasikan bahasa visual disertai dengan gambar, termasuk bermain kata-kata yang diolah secara efektif, informatif, dan komunikatif pada siswa.

Sementara itu, Sri Sugiarti, S.Kom Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. “Saya berharap kegiatan PKM ini bisa membantu siswa SMKS Setia Budi Binjai dalam mengembangkan kemampuan berbahasa untuk bisa menjadi bekal setelah lulus nanti. Menurutnya, SMK merupakan sekolah kejuruan yang lulusannya diharapkan sudah siap kerja dan berwirausaha. Dengan mempunyai keterampilan berbahasa ini, diharapkan ini dapat menjadi bekal dalam berkompetisi di dunia kerja nantinya,” ujar Sri Sugiarti, S.Kom.

Beberapa hal yang dilaksanakan oleh tim adalah pertama, kegiatan pelatihan ini diawali dengan pemaparan oleh Ketua Tim PKM tentang pengertian ESP dan jenis desain komunikasi visual. “Ini dimaksudkan agar siswa mampu untuk mengimplementasikan kemampuan bahasa Inggris dalam bidang teknik, mesin, dessain busana dan tata boga baik secara verbal, visual, maupun tekstual,” ujar Sri Sugiarti, S.Kom

Kegiatan berikutnya adalah pelatihan dan pendampingan guru oleh tim PKM. Para peserta melakukan praktik yang dipandu dan didampingi oleh tim dengan menjelaskan desain pembelajaran bahasa Ingggris yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Kemudian, dilaksanakan pelatihan mengaplikasikan bahasa visual yang diolah secara efektif, informatif, dan komunikatif.

Dr. M. Joharis, M.Pd selaku anggota tim mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat berdampak bagi para murid SMKS Setia Budi Binjai dalam mengembangkan kemampuan dan mengolah bahasa Inggris sesuai dengan kejuruannya.

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi