ANJ Raih 31 Penghargaan ENSIA 2024

ANJ Raih 31 Penghargaan ENSIA 2024
Perwakilan ANJ diabadikan foto bersama saat menerima penghargaan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Paluta - Berkat komitmen dalam menjaga lingkungan dan program pemberdayaan masyarakat, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) kembali mencatat prestasi melalui empat anak perusahaan, yaitu PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), PT Kayung Agro Lestari (KAL), PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA), dan PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS) dengan berhasil meraih 31 penghargaan Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) 2024 yang diserahkan pada puncak acara ENSIA 2024 di Bali, akhir Juli lalu.

ENSIA merupakan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh PT Sucofindo untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki inovasi signifikan dalam bidang lingkungan dan sosial. Ajang ENSIA 2024 dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Platinum, Gold dan Silver dengan tujuh topik penghargaan mencakup Efisiensi Energi, Penurunan Emisi, Efisiensi Air, Pengurangan LB3, 3R Limbah Padat Non B3, Perlindungan Kehati, Inovasi Sosial serta Local Hero Inspiratif. Adapun beberapa kriteria utama yang menjadi bahan penilaian, di antaranya kebaruan dan keunikan program dampak program terhadap lingkungan, serta dampak program untuk sosial masyarakat.

Pada tahun ini, ENSIA diikuti 756 paper, dan ajang ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada para inovator lingkungan dan sosial dalam menerapkan upaya emisi karbon, pemberdayaan masyarakat dan mendukung proper sebagai kebijakan pemerintah. Dan, inovasi ini tidak hanya memberikan manfaat kepada perusahaan, tapi memberikan dampak positif yang luas untuk masyarakat dan lingkungan.

Head of Environmental, Health & Safety, ANJ Burhanuddin,menyampaikan bahwa penghargaan yang diraih oleh ANJ merupakan wujud dari komitmen ANJ pada pembangunan berkelanjutan yang mengoptimalkan peran positif perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan. “Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa upaya kami dalam menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan telah mendapatkan pengakuan. Dari pengurangan emisi karbon, pemanfaatan energy terbarukan, hingga program pelestarian lingkungan yang melibatkan masyarakat. Kami percaya bahwa pembangunan berkelanjutan harus mencapai keseimbangan antara kemakmuran, manusia dan lingkungan,” ujar Burhanuddin, Minggu (11/8) melalui keterangan resminya.

Burhanuddin juga menyampaikan bahwa Penghargaan ENSIA ini mencerminkan dedikasi perusahaan dalam melestarikan lingkungan serta memberdayakan masyarakat lokal melalui berbagai inovasi yang dilakukan.

Lanjutnya penghargaan ini juga memotivasi untuk terus berkomitmen pada keberlanjutan dan tanggung jawab sosial.

"Kami percaya bahwa kolaborasi adalah kunci untuk menciptakan perubahan yang lebih besar. Oleh karena itu, Kami berharap ke depan akan lebih banyak lagi perusahaan lainnya yang turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Mari bersama-sama kita bangun masa depan yang lebih berkelanjutan," pungkasnya.

(ONG/BR)

Baca Juga

Rekomendasi