Warga Kampung Aur Diajak Terus Gotong Royong Menjaga Nilai Pancasila

Warga Kampung Aur Diajak Terus Gotong Royong Menjaga Nilai Pancasila
Warga Kampung Aur, Kecamatan Medan Maimun, saat mengikuti upacara bendera memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 di tengah aliran Sungai Deli, Sabtu (17/8) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Semangat warga tidak surut saat melaksanakan upacara peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, meskipun debit air Sungai Deli di Kampung Aur Lingkungan IV Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun, mulai naik.

Mulai anak-anak, remaja, emak-emak, bapak beramai-ramai hingga lanjut usia memadati lokasi untuk upacara yang diselenggarakan pemuda-pemudi Sanggar Perkasa.

Kepala Lingkungan IV Kelurahan Aur, Adnan, mengajak masyarakat untuk terus mempererat tali persaudaraan dan saling bergotong-royong agar terciptanya kerukunan dan kehidupan bersosial yang harmonis.

“Di usia kemerdekaan yang ke-79 ini, kita harus terus menjaga semangat dan saling menguatkan, saling bergotong-royong untuk menjaga nilai-nilai Pancasila, terus melangkah ke depan dengan visi misi yang ada dan tekad yang bulat,“ kata Adnan saat bertindak sebagai Pembina Upacara, Sabtu (17/8).

Ketua Sanggar Perkasa, Majid, mengatakan upacara bendera agenda rutin setiap tahun menyemarakkan kemerdekaan Indonesia. Upaya ini juga sebagai wujud semangat para pemuda Kampung Aur dalam menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme kepada masyarakat khususnya generasi muda.

Kata dia, Sanggar Perkasa ini berdiri sejak tahun 1982, kegiatan nasional seperti, Hari Pahlawan, Sumpah Pemuda, dan HUT Kemerdekaan Indonesia ini merupakan agenda tahunan mereka.

"Hal ini wujud cinta kami kepada NKRI dan menanamkan semangat nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme kepada masyarakat khususnya generasi bangsa di kampung kami ini," tutur Majid.

Jadi, Majid lanjut menjelaskan, Sanggar Perkasa ini tempat pembinaan remaja yang bebas berkreativitas positif, baik pembinaan seni tari dan budaya, olahraga serta keagamaan.

"Nah, tahun ini kita buat lagi Upacara Bendera di Sungai Deli, yang merupakan icon sumber daya alam dan sumber kehidupan yang harus dilestarikan dan dijaga kebersihannya. Hal ini kita lakukan untuk mengajak dan menyadarkan diri kita selaku masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, dengan tidak buang sampah disungai," tambah Majid.

Ketua Panitia, Idris Sinurat, mengungkapkan rasa syukurnya dapat melaksanakan semangat kebersamaan melalui Uapacara Bendera yang berjalan sukses.

Idris mengungkapkan kegiatan kemerdekaan ke 79 tahun ini dipromotori Sanggar Perkasa di support baik oleh pemerintah Kelurahan Aur, Remaja Masjid Jami' Aur, Labosude, Kopa, Komunitas Bank Sampah Aur, dan SR Center nantinya akan mengadakan serangkaian perlombaan dalam menyemarakkan HUT RI tahun ini.

"Alhamdulillah bg, kami bersyukur upacara bendera sukses dilaksanakan, tinggal kita adakan perlombaan untuk semarakkan HUT RI ke 79 tahun ini, jadi kegiatan kita ini dari Sanggar Perkasa, dan disupport oleh pemerintah Kelurahan Aur, Remaja Masjid Jami' Aur, Labosude, Kopa, Komunitas Bank Sampah Aur, dan SR Center," ucap Idris.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi