IKA UT Seminar Nasional Kelapa Sawit, Diikuti Penuh Antusias 500 Mahasiswa

IKA UT Seminar Nasional Kelapa Sawit, Diikuti Penuh Antusias 500 Mahasiswa
IKA UT Seminar Nasional Kelapa Sawit, Diikuti Penuh Antusias 500 Mahasiswa (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA UT) mengadakan kegiatan Seminar Nasional Kelapa Sawit di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Sumut), tepatnya di Aula Raja Inal Siregar, Kota Medan, Sabtu (24/8).

Seminar Nasional ini mengambil tema ‘Peningkatan, Pengelolaan dan Pengolahan Bidang Industri Kelapa Sawit oleh Mahasiswa dan Alumni Universitas Terbuka (UT)’.

“Seminar Nasional Kelapa Sawit ini dilaksanakan secara Hybrid yaitu dengan Luring (Luar Jaringan atau datang langsung ke tempat acara) dan Daring (Dalam Jaringan),” kata Sekjen IKA UT, Leles Sudarmanto.

Seminar Nasional Kelapa Sawit ini kerja sama dan bentuk soliditas yang baik didukung penuh oleh Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), IKA UT, Universitas Terbuka Pusat, dan Universitas Terbuka Medan.

“Kegiatan Semnas ini selanjutnya kami laksanakan untuk memenuhi Angka Partisipasi Kasar (APK) UT dalam hal sosialisasi dan promosi kegiatan Alumni yang berkontribusi secara nyata bagi almamaternya, yaitu Universitas Terbuka,” jelasnya.

Dengan menggandeng narasumber yang kompeten di bidang Kelapa Sawit, Seminar Nasional ini diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan pengetahuan mengenai kelapa sawit, dan menjadikan solusi bahwa kelapa sawit itu baik.

Inovasi dalam Seminar Nasional Kelapa Sawit, terkait tema yang diangkat sangat tepat dengan sistem pembelajaran UT yang serba digital, dan tetap diarahkan baik sesuai dengan Program Besar BPDPKS “Sahabat Sawit yang Baik” sehingga mudah diimplementasikan oleh mahasiswa, Alumni UT dan masyarakat umum lainnya.

“Benefit atau manfaat mengikuti Seminar Nasional Kelapa Sawit, pertama dilaksanakan dengan sistem hybrid yaitu secara luring dan daring, sehingga akan menjadi isu besar bagi peserta yang akan mengikutinya, karena selain diadakan secara langsung, panitia juga melaksanakannya secara online,” tuturnya.

Manfaat kedua dari mengikuti Semnas Kelapa Sawit, BPDPKS akan memberikan apresisasi kepada 5 peserta terbaik dalam kegiatan ini.

Manfaat ketiga atau keuntungan lainnya dalam mengikuti Semnas Kelapa Sawit, seluruh peserta yang mengikuti, baik luring maupun daring mendapatkan sertifikat.

Seminar Nasional Kelapa Sawit diikuti oleh 500 orang mahasiswa yang hadir secara luring dan daring.

Juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis UT, Rahmat Budiman, S,S., M.Hum., Ph.D, Alfie Thahar, STP., M.M, Kepala Divisi Program Pelayanan BPDPKS, Dr. Subekti Nurmawati, M.Si selaku Dekan FST UT, Ketua Panitia Pelaksaan Mayjen TNI Erro Kusnara, Ketua IV IKA UT sekaligus Ketua Dewan Pembina DPP APKASINDO, Sekjen IKA UT, Drs. Leles Sudarmanto, M.M., M.B.A., Direktur UT Medan, Yasir Riyadi, S,S., M.Hum dan Ketua IKA UT Wilayah Medan yang juga mantan Walikota Sibolga, Drs. H.M.Syarfi Hutauruk, M.

Seminar Nasional Kelapa Sawit ini diharapkan akan menjadi momen yang berkesan bagi semua stakeholder yang ikut serta menyukseskan kegiatan ini.

Pentingnya Seminar Kelapa Sawit saat ini bagi mahasiswa UT Prodi Agribisnis kususnya dan Alumni UT umumnya, BPDPKS dan IKA UT berkomitmen untuk memberikan edukasi pentingnya kelapa sawit di tengah masyarakat, selain sebagai penghasil sumber dan penghasil devisa di Indonesia, kelapa sawit merespons kebutuhan dengan ditemukannya inovasi-inovasi dari produk kelapa sawit, baik diantaranya minyak sawit, minyak merah, sabun, parfum dan banyak lago dalam industri kelapa sawit.

Produk ini diharapkan dapat ditingkatkan bagi para penggunanya demi menjaga kelestarian dan keutuhan bumi.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi