Pilkada Dairi, 5 Bakal Pasangan Calon Bupati Mendaftar

Pilkada Dairi, 5 Bakal Pasangan Calon Bupati Mendaftar
Komisioner KPU, Ridwan Samosir (Analisadaily/Sarifuddin Siregar)

Analisadaily.com, Sidikalang - Hingga penutupan pendaftaran, tercatat 5 pasangan bakal calon Bupat/Wakil Bupati Dairi menyerahkan berkas ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bakal paslon dimaksud yakni Rimso Sinaga-Barita Sihite, Jogi Tambunan-Dedi Manihar Matondang, Vickner Sinaga-Wahyu Daniel Sagala dan Eddy Keleng Ate Berutu-Depriwanto Sitohang.

“Hingga pendaftaran ditutup, Kamis (29/8), ada 5 bakal paslon menyerahkan berkas," kata Komisioner KPU, Ridwan Samosir di Sidikalang, Jumat (30/8).

Berkas kelima bakal paslon, dinyatakan lengkap. Namun, lengkap bukan berarti akurat. Antinya, dilakukan verifikasi.

“Jadi, pada tahap penyerahan berkas, penelitiannya masih sebatas ada atau tidak ada dokumen yang dipersyaratkan. Ketika salah satu ketentuan tidak bisa ditunjukkan, file dikembalikan dan dinyatakan tidak lengkap”, ujar Ridwan.

Dijelaskan, tahapan berikut, bakal paslon menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Adam Malik Medan. Kegiatan berlangsung mulai hari ini, secara bergiliran. Item pemeriksaan meliputi kejiwaan dan bebas narkoba

Pada agenda itu, KPU hanya menerima hasil pemeriksaan tim medis dan harus ditandatangani. Sebab secara teknis, merekalah yang tahu dan bertanggung jawab atas uji dimaksud.

“Biaya pemeriksaan kesehatan, sepenuhnya ditangg7ung KPU”, kata Ridwan.

(SSR/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi