Fokus Kualitas Generasi Penerus, Pertagas Gandeng Dua Puskesmas Cegah Stunting

Fokus Kualitas Generasi Penerus, Pertagas Gandeng Dua Puskesmas Cegah Stunting
Pertagas saat mengandeng dua Puskesmas mencegah stunting (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina menggandeng dua Puskesmas dalam kegiatan program pencegahan stunting di sekitar wilayah kerja Pertagas Operation North Sumatera Area (ONSA) pada Rabu (18/9/2024).

Sinergi dengan Puskesmas Pangkalan Brandan dan Puskesmas Sei Lepan ini bertujuan untuk mendukung upaya Pemerintah dalam mencegah gizi buruk pada ibu hamil dan balita yang dapat mengakibatkan terjadinya stunting.

Dalam kegiatan ini, Pertagas mengundang warga yang terdiri dari 150 Ibu hamil dan 250 balita untuk mendapatkan edukasi pencegahan stunting, kesempatan pemeriksaan kesehatan sekaligus menerima bantuan berupa paket makanan tambahan yang bergizi seperti susu dan telur.

Ibu hamil dan balita yang hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan di kedua puskesmas tersebut, sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Riana Kusumawati salah satu peserta mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat.

"Saya senang sekali bisa ikut pemeriksaan kesehatan dan mendapat edukasi ,sangat berguna bagi saya yang sedang hamil muda ini," ungkap Riana.

Turut hadir Head of HSSE Pertagas ONSA, Bagus Chandra Kusuma yang menyampaikan harapan pada peningkatan kualitas generasi penerus.

"Pertagas menaruh perhatian kepada kualitas generasi penerus disini, menjadi anak anak yang bertumbuh sebagaimana mestinya sehingga di masa mendatang dapat berkontribusi bagi kemajuan kampung halamannya" tutur Bagus.

Sementara itu Head of External Relation Operation West Region Pertagas Diana Santi menyampaikan bahwa program pencegahan stunting ini sejalan dengan perwujudan Sustainable Development Goals ( SDGs) yang menjadi fokus utama Pemerintah dengan tujuan mengoptimalkan tumbuh kembang anak anak Indonesia baik secara fisik,emosional, dan sosial yang mendorong kesiapan belajar, mampu berinovasi serta berkompetisi di tingkat global.

Kepala Puskesmas Sei Lepan dan Perwakilan Kepala Puskesmas Pangkalan Brandan Muharamah Taroreh dan Ira Nasution secara bersama sama mengungkapkan rasa terima kasih "Kami sangat berterima kasih kepada Pertagas ONSA yang telah bersinergi menyukseskan kegiatan ini dan turut memperhatikan kesehatan Ibu hamil dan balita di desa kami melalui upaya pencegahan stunting" ungkap Muharamah.

Dukungan pemerintah setempat pada kegiatan ini dirasakan oleh semua peserta dengan hadirnya Camat Sei Lepan, Muhammad Iqbal, Wakapolsek M Ginting, Babinsa dan Sekretaris Camat Pangkalan Brandan Rahmi Nur Fadilah serta perangkat desa lainnya.

Kegiatan pencegahan stunting ini merupakan komitmen Pertagas dalam mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya di sekitar area ONSA yang memiliki tiga distrik yaitu di Medan, Aceh dan Pangkalan Brandan, seirama dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) pada pilar ke -3 yaitu kehidupan sehat dan sejahtera dengan pengelolaan bisnis Perusahaan dengan mengedepankan aspek Enviromental, Social dan Governance (ESG).

(NS/BR)

Baca Juga

Rekomendasi