Ketua MUI Medan: We are HIRO

Ketua MUI Medan: We are HIRO
Ketua MUI Medan: We are HIRO (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan Hasan Maksum merasa haru melihat dan mendengar kreativitas pendukung Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Hidayatullah-Yasyir Ridho Loebis (HIRO) pada saat pengundian nomor urut peserta Pilkada Medan 2024.

Hal itu disampaikan Hasan Maksum dalam acara Deklarasi Ukhuwah Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 2024-2029 Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, Selasa (24/9) di Kantor MUI Medan.

"Saya terharu mendengar yel-yel pendukung tadi malam, Paslon pertama itu singkatannya Rizki, pendukungnya mengatakan, Berani Rizki, Hiro Rizki. Terus dibalas sama Paslon kedua, Rizki Berani, Hiro Berani. Kemudian oleh Paslon ketiga yang disingkat HIRO menyambung We Are Hiro," kata Hasan Maksum.

Mendengar kalimat We Are Hiro, Hasan mengaku terharu. Ia sepakat, semua orang yang terlibat di kontestasi Pilkada Medan adalah pahlawan.

"We are Hiro. Ya, kita semua pahlawan," ujarnya.

Lebih lanjut, Hasan Maksum menjelaskan Deklarasi Ukhuwah Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan MUI Medan.

"Ini belum pernah dilaksanakan sebelumnya dan akan diteruskan oleh generasi selanjutnya kalau dipandang baik," jelasnya.

Ia membantah jika Deklarasi Ukhuwah ini dilakukan karena memandang adanya potensi konflik antar ummat. Menurutnya, ini merupakan upaya kecil dari MUI untuk mempererat hubungan ummat di Pilkada Medan.

"Kami bangga dengan kegiatan ini, kepada kita semua mungkin kita melihat apa yang kita kerjakan ini adalah ikhtiar kecil. Tapi Allah SWT juga memulai ukhuwah ikhtiar dengan kecil. Persatuan ummat dimulai ketika tak ada prasangka-prasangka, karena kalaupun benar tetap mengandung hal yang salah," jelasnya.

Hasan Maksum menegaskan, persatuan Ummat di Medan merupakan hal yang penting. Baginya, Ukhuwah merupakan kewajiban yang harus terus digelorakan oleh semua pihak.

"Ukhuwah ini kewajiban, terus digelorakan. Karena setelah menghindari praduga Allah perintahkan kita untuk tidak mencari celah atau salah orang. Kalau dicari tak ada satupun di ruangan ini yang bersih. Kalau ditemukan, jangan dibongkar," tegasnya.

Karena itu, Hasan Maksum berpesan kepada Pasangan Hidayatullah dan Yasyir Ridho Loebis serta kandidat Paslon lainnya untuk menjaga persatuan ummat pada Pilkada Medan 2024.

"Kami iringkan doa untuk semuanya, MUI mendoakan yang terbaik. Doa itu senjata. Kiranya semuanya diberikan kemudahan dan kejayaan," katanya.

Calon Wakil Wali Kota Medan, Yasyir Ridho Loebis mengatakan, Pasangan HIRO bertekad untuk menjaga persaudaraan ummat pada Pilkada Medan 2024. Menurutnya, perbedaan pandangan merupakan hal yang biasa di dalam gelaran Pilkada Medan.

"Tekad Pasangan HIRO agar ummat tetap kompak dan solid. Beda pandang hal biasa karena bagi HIRO perbedaan adalah keindahan," kata Eks Ketua KNPI Sumut 2 periode tersebut.

Eks Wakil Ketua DPRD Sumut ini menambahkan, Pasangan HIRO juga bertekad akan meningkatkan taraf hidup ummat. Baik dari segi pendidikan maupun ekonomi.

"Saya dan Ustaz Hidayatullah punya program beasiswa pendidikan dan peningkatan ekonomi melalui program UMKM. Mudah-mudahan dengan program tersebut mampu meningkatkan taraf hidup ummat. Karena, kesetaraan bagi semua orang di Kota Medan harus diperjuangkan," tutupnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi