Perlindungan Tingkat Tinggi Terhadap Satwa Langka

Perlindungan Tingkat Tinggi Terhadap Satwa Langka
Gajah (Twitter @IFAWUK)

Analisadaily.com, Jerman – Jaguar, Gajah Asia dan Hiu Whitetip, tiga di antara sekian banyak satwa dilindungi yang hidupnya kini terancam hilang dari bumi. Karena itu, diserukan perlindungan di seluruh perbatasan nasional untuk melestarikannya.

Sekitar 130 negara terdaftar yang mengikuti United Nations Convention on the Conservation of Migratory Species of Wild Animals. Tujuannya untuk menyatukan negara-negara agar melindungi spesies burung, mamalia dan satwa liar lainnya.

Kebijakan melindungi satwa liar yang terancam pada pertemuan konvensi di India itu pun disambut aktivis lingkungan, yang menurut mereka telah membantu spesies yang berisiko punah.

Jaguar. Twitter @IFAWUK
Hiu Whitetip samudera dulunya salah satu hiu tropis paling umum di dunia, tetapi sekarang terdaftar sebagai sangat terancam punah. Dengan kerugian 98 persen hingga 100 persen di seluruh dunia saat berhadapan dengan penangkapan ikan.

Negara-negara telah menerima proposal Brasil untuk membuat daftar hiu pada Lampiran I dari konvensi, yang memberinya tingkat perlindungan setinggi mungkin, untuk mencegahnya ditangkap di seluruh jajarannya.

Hiu Whitetip. Twitter @IFAWUK
Perwakilan International Fund for Animal Welfare (Ifaw), Megan O'Toole mengatakan, puluhan tahun penangkapan ikan didorong permintaan internasional untuk sup sirip ikan hiu, menyebabkan populasinya hancur di seluruh jajarannya.

"Ifaw percaya daftar hiu whitetip samudera ini akan memperkuat tindakan yang sudah dilakukan untuk melindungi mereka dan juga dapat mengisi celah manajemen saat ini dan menambahkan kewajiban hukum tambahan untuk perlindungan domestic,” katanya.

Dilansir dari Daily Mail, Minggu (23/2), tidak hanya hiu, ada juga kabar baik untuk Jaguar, yang telah kehilangan 40 persen habitatnya di Amerika dalam 100 tahun terakhir dan berada di bawah ancaman karena hilangnya koridor liar utama tempat migrasi.

Kucing besar terdaftar untuk pertama kalinya, pada Lampiran I dan II dari konvensi. Ini berarti ia memiliki perlindungan tinggi. Negara-negara diharapkan melakukan tindakan domestik untuk melindunginya dan melestarikan tempat tinggalnya.

Negara-negara juga diharuskan untuk mengoordinasikan upaya konservasi untuk spesies tersebut.

"Menghentikan hilangnya habitat dan perusakan koridor migrasi sangat penting, terutama bagi populasi yang terisolasi dan terancam punah, jika jaguar ingin bertahan hidup di seluruh Amerika,” kata Kepala Delegasi ifaw, Matt Collis pada pertemuan itu.

Gajah Asia yang terancam punah juga mendapat perlindungan, karena negara-negara menerima proposal dari tuan rumah India untuk memberikan perlindungan setinggi mungkin dengan daftar Lampiran I.

India juga mengumumkan niatnya untuk bekerja dengan negara lain untuk melindungi hewan itu.

India adalah rumah bagi 60 persen gajah Asia, meskipun beberapa populasi secara teratur melintasi perbatasan ke negara-negara tetangga seperti Nepal, dan juga ditemukan dari Burma ke Indonesia.

"Gajah melintasi banyak negara di Asia tanpa mengakui perbatasan dan Ifaw berharap, negara-negara bersatu melakukan segalanya untuk memastikan mereka memiliki jalan yang aman saat mereka bermigrasi antar negara,” tambah Collis.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi