Walau Bertulang Rawan

Pari Sangat Berbahaya

pari-sangat-berbahaya
IKAN Pari merupakan jenis ikan yang berbentuk pipih serta mempunyai sirip dada yang lebar dan bentuk ekor kecil berbentuk cemeti atau cambuk. Ikan pari termasuk jenis ikan bertulang rawan atau elasmobrancii yang mempunyai sifat kosmopolitan. 

Ada 300 lebih spesies ikan pari di dunia yang tersebar di perairan sub tropis, perairan tropis serta perairan antartika. Gerakan ikan pari di dalam air terlihat seperti terbang atau melayang yang disebabkan gerakan sirip dada ikan pari (pectoral fins) dan bentuk pipih melebar (depressed). Selain itu, Ikan pari bernafas menggunakan celah insang.

Ikan pari merupakan jenis ikan yang mempunyai populasi rendah karena menurun tiap tahunnya. Untuk itu sebaiknya mengkonsumsi daging ikan pari juga tidak dianjurkan dilakukan secara berlebihan. Selain berdampak pada keseimbangan ekosistem laut, kandungan zat atau gizi yang masuk kedalam tubuh manusia secara berlebihan juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Ikan pari bisa dimanfaatkan sesuai porsi dan kegunaannya.

Ikan pari yang memiliki tulang yang rawan serta memiliki ekor seperti cambuk. Ikan pari terdapat hampir di seluruh perairan di dunia, sehingga ikan pari sudah tidak asing lagi untuk didengar. Ikan pari juga memiliki beberapa kelasifikasi menurut jenisnya.

Proses perkembangbiakan ikan pari jenis ini sangat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Dimana faktor internal meliputi segala aspek yang bersumber dari ikan pari itu sendiri. Misalnya pemanfaatan makanan, kemampuan bertahan hidup,dan serangan penyakit. 

Dan faktor ekspernal yakni segala aspek yang sangat bepengaruh dan berasal dari luar. Misalnya pengaruh lingkungan hidup pada perairan, kompetisi sesama ikan pari bahkan spesies ikan lain di dalam perairan.

Berbagai macam jenis ikan pari yang ada di perairan Asia, dengan jenis-jenis yang berbeda, unik, dan mempunyai keindahan tersendiri. Ikan pari memiliki banyak jenis karena ikan pari sering ditemui hampir di seluruh dunia, sehingga ikan pari tidak mengalami kepunahan karena terus berkembang biak untuk menghasilkan jenis-jenis ikan pari yang hidup di perairan laut.

Terbesar

Beberapa jenis ikan pari yang hidup adalah ikan pari manta. Ikan pari manta adalah spesies ikan pari yang paling terbesar di dunia. Ikan pari manta memiliki lebar tubuhnya dari ujung sirip dada samapi dengan ujung sirip lainnya mencapai hampir 7 meter bahkan sampai mecapai ukuran 9,1 meter dan memiliki berat mencapai 3 ton. Ikan pari manta biasanya hidup di daerah tropis di seluruh dunia dengan persebaran yang luas dan bentuk yang unik.

Berbeda dari jenis ikan pari lainnya, jenis manta ini tidak mempunyai duri atau bisa yang digunakan untuk pertahanan diri (Stringrays). Alasan inilah yang menyebabkan ikan pari manta memiliki nilai lebih di sektor pariwisata didunia. Ikan pari manta merupakan jenis ikan pari terbesar di dunia bahkan dibandingkan dengan jenis ikan di perairan dunia.

Ikan pari merupakan hewan yang sangat berbahaya bagi manusia, dengan ukuran dan bentuk ikan pari yang bervariasi dimulai dari yang terkecil hingga terbesar, ikan pari memiliki cara tersendiri untuk mengelabui mangsanya dan memiliki racun yang sangat mematikan.

Ikan pari merupakan ikan yang umumnya bersifat predator atau pemburu. Ikan pari bahkan mempunyai duri penyengat pada ekornya. Hal ini yang memunculkan istilah Sting Rays. 

Ketika ikan pari merasa terancam maka ia akan mengayunkan ekornya tanpa terkendali. Tekanan yang yang terjadi akan membuat membran racun yang membungkusnya robek. Racun ini akan masuk kedalam bagian tubuh yang terluka. Sengatan ikan pari memang tidak berakibat fatal secara langsung, akan tetapi racun yang masuk kedalam tubuh akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Susunan racun yang terkandung dalam sengatan ikan pari yakni enzim 5 nucleotidase phosphodiesterase dan serotonim. Dampak dari sengatan ikan pari antara lain:

-Serotonim menyebabkan otot polos terluka parah dan menimbulkan rasa sakit yang amat luar biasa.

-Kematian pada sel dan jaringan (rongga dada dan perut).

-Racun masuk ke pergelangan kaki yang bisa menyebabkan amputasi.

-Duri yang menancap ke jantung dapat menyebabkan kematian. (dbc/ar)

()

Baca Juga

Rekomendasi