Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, meninjau Gudang Bulog Divre Sumut (Analisadaily/Khairil Umri)

Analisadaily (Medan) - Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pusat Pasar Medan, Jalan Pusat Pasar, Medan. Inspeksi dilakukan untuk memastikan harga bahan pokok menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Dalam inspeksi yang dilakukan Edy pada Rabu (4/12) kemarin, diketahui harga sejumlah bahan kebutuhan pokok relatif stabil, meski ada beberapa komoditas harganya naik dan ada juga yang turun.

Bahan pokok yang harganya relatif naik seperti daging ayam, telur, gula, bawang merah, dan tomat. Untuk harga daging ayam beberapa pekan lalu rerata Rp26.000/kg menjadi Rp32.000/kg, telur dari yang biasanya Rp1.100/butir menjadi Rp1.400/butir.

Kemudian bawang merah yang sebelumnya Rp25.000/kg menjadi Rp30.000/kg, dan tomat sebelumnya rata-rata Rp3.000/kg menjadi Rp8.000/kg. Sedangkan gula pasir naik dari Rp12.000/kg menjadi Rp13.000/kg.

Para pedagang Pusat Pasar Medan menggunakan kesempatan ini untuk mengeluarkan unek-uneknya kepada Gubernur Sumut, seperti uang parkir yang mahal untuk bongkar muat barang, masalah kerapian hingga harga yang mahal dari distributor.

“Banyak pedagang yang mengeluhkan harga bahan kebutuhan pokok ini sudah mahal dari distributor. Pusat Pasar sangat tidak nyaman, harusnya Pusat Pasar itu bisa membuat orang nyaman berbelanja, kalau begini siapa yang lama-lama tahan di sini,” terang Edy.

Menurut Edy, kenaikan harga telur memang sudah diprediksi, karena menurunnya minat masyarakat terhadap ikan.

Pedagang ikan di Pusat Pasar, Tetty Simbolon, yang kiosnya didatangi Edy dan rombongan mengeluhkan sepinya pembeli dan menurunnya pendapatan, dampak pembuangan bangkai babi ke sungai. Bahkan, penurunan penjualan ikan mencapai 70%.

“Padahal ikan itu asalnya dari tengah laut, bangkai babi-babi itu paling cuma sampai pantai. Isu ikan kena bangkai babi itu hoaks,” ungkapnya.

Sedangkan komoditi yang mengalami penurunan adalah bawang putih, biasanya rerata Rp35.000/kg menjadi Rp28.000/kg, cabai merah yang sebelumnya Rp30.000/kg menjadi Rp24.000/kg. Cabai rawit yang sebelumnya Rp30.000/kg menjadi Rp25.000/kg, sedangkan daging sapi stabil di harga Rp110.000/kg.

Usai meninjau Pusat Pasar Medan, Edy dan rombongan menuju Gudang Bulog Divre Sumut di Jalan Mustafa untuk mengetahui ketersediaan bahan kebutuhan pokok. Saat ini Bulog memiliki stok 53.384 ton beras dan 53,8 ton daging kerbau beku.

“Stok cukup untuk 3 sampai 4 bulan ke depan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal beras dan daging, belum lagi yang dari petani. Kita juga sudah menyerap 7.000 ton beras dari petani, belum termasuk beras dari pengusaha,” sebut Kepala Bulog Divre Sumut, Arwakhudin.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi