Jalur Layang KA Medan Akan Diresmikan Jokowi

Jalur Layang KA Medan Akan Diresmikan Jokowi
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat ke Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, untuk meresmikan Jalur Layang Kereta Api Bandara Kualanamu.

"Diagendakan Januari atau Februari 2020, beliau (Presiden Jokowi) datang untuk meresmikan," kata Menhub di Stasiun Medan, Sabtu (4/1).

Orang nomor satu di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu berharap, Jalur Layang Kereta Api Bandara Kualanamu sepanjang 10,8 Km menjadi moda pilihan bagi masyarakat.

"Ini anugerah, Kota Medan memiliki jalur layang kereta api yang bisa menjadikan lalu lintas lancar," ucapnya.

Sebelumnya Menhub meninjau proyek Jalur Layang Kereta Api Bandara Kualanamu. Saat ini jalur layang menghubungkan Stasiun Medan dengan Bandara Kualanamu, Deli Serdang.

Setelah melakukan peninjauan, Menhub meminta Jalur Layang Kereta Api Bandara Kualanamu dimanfaatkan lebih optimal lagi, dan berharap semakin memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

"Kita harap, jalur layang ini memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam menggunakan kereta api," ungkapnya.

Pembangunan jalur layang kereta api sepanjang 10,8 Km ini dengan pembiayaan APBN/SBSN dimulai tahun 2015 sampai 2019. Dengan alokasi anggaran sebesar Rp 2,86 triliun. Selain pembangunan jalur layang, juga modernisasi sejumlah stasiun.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi