Tanam Pohon Sebagai Langkah Antisipasi Banjir

Tanam Pohon Sebagai Langkah Antisipasi Banjir
Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin, melakukan penanaman bibit pohon, Jumat (10/1) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Mengantisipasi banjir dan bencana, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin, melakukan penanaman bibit pohon se-Sumatera Utara.

Jumlah pohon rencananya akan ditanam sebanyak 57.300 bibit, 1.500 di antaranya ditanam di SPN Hinai, Langkat, Jumat (10/1).

Irjen Pol Martuani mengatakan, adapun bibit ditanam merupakan tanaman produksi, dan ada juga pohon keras. Adapun jenis bibitnya, yaitu Mangga, Durian, Mahoni, Rambutan, jambu, jeruk, Lemon, klengkeng, Trembesi, Jati Putih, Ketapang dan Macadomia.

"Ini salah satu langkah untuk reboisasi dan mengantisipasi banjir dan bencana," kata Irjen Pol Martuani.

Setelah penanaman pohon, ia dan siswa SPN Hinai menaburan benih ikan di kolam larangan sedalam 2.5 meter yang dibuat dan akan dipanen satu tahun sekali.

Kapolda juga akan bekerjasama dengan institusi lain seperti Gubernur, Bupati dan Wali Kota serta organisasi masyarakat agar menggalakkan reboisasi. Dalam penanaman pohon serentak se Indonesia, Kapolda menanam pohon durian musang king.

"Pohon ini penting untuk serapan air dan perbaikan lahan serta lingkungan," tambahnya.

Penulis:  Jafar Wijaya
Editor:  Christison Sondang Pane

Baca Juga

Rekomendasi