Petugas KAI Sumut Turunkan Penumpang Tak Bertiket

Petugas KAI Sumut Turunkan Penumpang Tak Bertiket
Pemeriksaan tiket di atas kereta api (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Manager Humas KAI Divre I Sumut, M Ilud Siregar mengatakan, untuk memudahkan penumpang dalam mendapatkan tiket Kereta Api, serta menghindari antrean di loket stasiun, disarankan melakukan pemesanan melalui aplikasi resmi KAI Access.

“Hingga saat ini masih ada kedapatan penumpang kereta api, terutama KA Srilelawangsa relasi Medan-Binjai tidak bertiket. Sesuai aturan, penumpang yang kedapatan tidak mempunyai tiket diturunkan di eks Stasiun Sunggal,” kata Ilud, Selasa (14/1).

Dijelaskannya, dari data Januari 2020 sudah ada kurang lebih 7 (tujuh) penumpang yang tidak bertiket dan sesuai aturan diturunkan kereta api. Pada Senin (13/1) KA Srilelawangsa Nomor U80 relasi Medan-Binjai pukul 11.15 WIB terdapat 3 (tiga) Penumpang yang tidak bertiket.

“Sehingga KA Srilelawangsa harus Berhenti Luar Biasa atau BLB untuk menurunkan penumpang yang tidak bertiket di KM 08+900 eks Stasiun Sunggal,” jelasnya.

Ilud menghimbau para penumpang yang akan berpergian menggunakan kereta api untuk selalu memiliki tiket. KAI sudah memberikan fasilitas mendapatkan tiket secara online, yaitu melalui Aplikasi KAI Access.

“Caranya dengan mengunduh KAI Access,” ujarnya.

Setelah mengunduh KAI Access, Anda diminta untuk melakukan registrasi dengan mengisi data-data tertera pada kolom aplikasi seperti nama, nomor KTP, tempat dan tanggal lahir, nomor HP, email, dan lainnya.

“Lalu Anda diminta untuk melakukan verifikasi akun yang telah dikirimkan melalui email yang telah terdaftar, dan Anda dapat log in untuk melakukan pemesanan,” ucap Ilud.

Tata cara pemesanan tiket kereta api melalui KAI Access:

  1. Pada halaman depan aplikasi, klik menu KA antar kota untuk kereta api jarak jauh dan KA lokal untuk kereta api lokal. Silakan isi stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal berangkat, kelas, dan jumlah penumpang. Misalnya, ingin membeli tiket kereta api tujuan Rantau Prapat. Harga untuk anak di atas 3 tahun berlaku harga tiket orang dewasa. Sementara tiket untuk bayi tidak mendapatkan kursi. Kemudian klik cari.
  2. Di layar berikutnya akan muncul semua kereta api sesuai relasi yang telah dipilih, silahkan pilih kereta dan jadwal yang tersedia.
  3. Halaman berikutnya merupakan ringkasan pemesanan. Cek ulang lagi jadwal pemesanan apakah sudah sesuai dengan pilihan.
  4. Isi data penumpang sesuai dengan indentitas yang berlaku, dan jangan lupa membawanya untuk ditunjukan saat akan boarding.
  5. Pilih kursi. Di bagian ini, dapat mengganti kursi default (dipilih sistem) sesuai dengan pilihan jika persediaan masih ada. Tanda merah menandakan kursi sudah terisi, sedangkan warna biru kursi yang dipilih, dan tanda abu-abu kursi yang masih tersedia. Untuk mengubah, klik kursi warna abu-abu sesuai yang diinginan dan berubah menjadi warna biru. Kemudian klik simpan.
  6. Selanjutnya masuk ke rincian pemesanan, cek kembali data pesanan . Apabila sudah sesuai ceklist syarat dan ketentuan pembelian tiket. Klik bayar sekarang.
  7. Halaman selanjutnya masuk ke metode pembayaran yang diinginkan. Tersedia pembayaran melalui paymen point, ATM/Mobile Banking/Internet Banking, gerai retail serta bisa melalui aplikasi Link Aja.
  8. Setelah memilih metode pembayaran, akan diberikan waktu kurang lebih 1 jam untuk melakukan pembayaran.
  9. Setelah proses pembayaran selesai, data kode booking akan muncul dimenu tiket.
(RZD)

Baca Juga