Bong Joon Terkejut ‘Parasite’ Peroleh Enam Nominasi Oscar

Bong Joon Terkejut ‘Parasite’ Peroleh Enam Nominasi Oscar
Sutradara ‘Parasite’, Bong Joon-ho (Los Angeles Times)

Analisadaily.com, California - Sutradara ‘Parasite’, Bong Joon-ho, mengaku terkejut dan gembira ketika filmnya itu memperoleh enam nominasi Oscar 2020.

Ia menilai, ini akan jadi sejarah pertama bagi industri film Korea Selatan dan pertanda, bahwa bahasa tidak lagi menjadi penghalang bagi kesuksesan di dunia internasional.

Film ‘Parasite’, sebuah komedi kelam tentang kesenjangan besar antara si kaya dan si miskin di Korea Selatan, akan bersaing di kategori, Gambar Terbaik, Sutradara Terbaik, Naskah Film Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Film Asing Terbaik dan Desain Produksi Terbaik.

"Setiap kali mereka mengumumkan nominasi baru, itu sangat menegangkan, karena kami tidak benar-benar mengantisipasi hal ini," kata Bong kepada Reuters Television dalam sebuah wawancara di California, Senin (14/1).

Bong sebelumnya telah membahas tantangan film-film internasional yang memecahkan hambatan bahasa di seluruh dunia, tetapi ia mengatakan, nominasi tersebut menunjukkan, hambatan itu mungkin sekarang sedang menurun.

“Kita dapat mengatakan, berkat internet, media sosial, dan layanan streaming ini, seluruh masyarakat kurang mengalami hambatan bahasa ini dan mungkin 'Parasit' diuntungkan dari tren global itu,” sambungnya.

Dalam sebuah video yang dibagikan secara online oleh distributor film NEON, salah satu bintang acara itu, Song Kang-ho, berhasil untuk tidak menumpahkan secangkir kopi saat ia dan yang lainnya di ruangan itu dengan gembira merayakannya.

"Tanda Anda adalah superstar global. Anda tidak menumpahkan kopi ketika film Anda dinominasikan untuk Film Terbaik," kata perusahaan itu.

Kwak Shin-ae, CEO perusahaan produksi, Barunson E&A mengatakan, dia senang dengan nominasi film terbaik Oscar pertama untuk sebuah film Korea Selatan, tetapi kecewa Song tidak mendapat anggukan untuk kategori akting meskipun peran penting yang dimainkannya dalam film.

"Dinominasikan untuk lebih dari sekedar kategori film bahasa asing adalah bermakna karena itu berarti film melampaui bahasa dan secara nasional untuk berkomunikasi dalam bahasa universal sinema," katanya.

Warga Korea Selatan, yang banyak dari mereka telah menonton film lebih dari satu kali, juga bangga berbagi kehormatan.

"Saya sangat senang mendengar di pagi hari ‘Parasite’ dinominasikan dalam banyak kategori untuk Academy Awards. Saya berharap film ini akan memberikan hasil yang baik," kata Bae Young-sil, 62, yang bersama teman-teman menonton film.

"Ini jelas mencerminkan sisi gelap masyarakat kita," ujar seorang siswa sekolah menengah, Kang Jin-gu (18), mengacu pada penggambaran film tentang kesenjangan sosial yang telah mengadu kaya dan miskin di ekonomi terbesar keempat di Asia.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi