Padanglawas Targetkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Padanglawas Targetkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian
Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah BPKAD, Trianta, saat berada di ruang kerjanya, Senin (20/1). (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Padanglawas – Pemerintah Kabupaten Padanglawas menargetkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

"Insya Allah tahun ini kita targetkan Pemkab Palas bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian. Karena itu, kita mengajak semua organisasi perangkat daerah mendukung untuk mewujudkannya,” kata Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah BPKAD, Trianta, Senin (20/1).

Hal itu sesuai harapan dan amanah yang diberikan Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap, untuk lebih meningkatkan pelayanan dengan pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Selama tiga tahun terakhir Pemkab Palas hanya mendapat penilaian Wajar Dengan Pengecualian (WDP), karena itu ia yakin tahun ini bisa meraih WTP.

Anta menjelaskan, selama ini yang menjadi kelemahan dan kendala adalah masalah pelaporan aset daerah. Salah satu OPD yang paling banyak aset daerah adalah di Dinas Pekerjaan Umum.

Namun setelah sistem pelaporan keuangan dilakukan per semester, atau sekali per enam bulan, pengelolaan keuangan jauh lebih baik. Kemudian laporan aset juga secara bertahap bisa dilakukan perbaikan.

(ATS/CSP)

Baca Juga