Cegah Novel Coronavirus, KNIA Aktifkan Alat Pendeteksi Suhu Tubuh

Cegah Novel Coronavirus, KNIA Aktifkan Alat Pendeteksi Suhu Tubuh
Aktivitas di Kuala Namu International Airport (KNIA) beberapa waktu lalu (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Medan - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menghimbau untuk mengantisipasi masuknya Virus Corona atau Novel Coronavirus (nCOV) dari Tiongkok.

Terkait hal itu, Kantor Kesehatan Bandar Udara Kualanamu Internasional (KNIA) kembali mengaktifkan alat pengukur suhu tubuh atau thermo scanner bagi penumpang.

"Kebijakan ini dilakukan menyusul adanya imbauan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia," kata Kepala Kantor Kesehatan Bandara KNIA, Priagung Adhi Bawono, Kamis (23/1).

Priagung menyebutkan, alat dipasang di gerbang kedatangan internasional. Seluruh penumpang yang baru tiba diwajibkan melewatinya saat masuk ke terminal KNIA.

Petugas yang memantau pengoperasian alat akan melakukan tindakan lanjutan jika menemukan pasien yang terdeteksi memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celcius.

"Kita awasi dengan ketat suhu penumpang. Ketika suhu tubuh penumpang lebih dari 38 derajat kami akan lakukan observasi khusus. Nah, kalo memang diduga menyerupai virus saluran pernafasan, kita bawa ke Rumah Sakit Haji Adam Malik," tuturnya.

Selain memasang alat, lanjut Priagung menjelaskan, petugas juga membagikan kartu kesehatan kepada setiap penumpang yang akan bepergian ke luar negeri.

"Mereka akan mengisi data dan memberikannya kepada petugas terminal kedatangan pada bandara tujuan," jelasnya.

Diketahui, virus Corona menyebar dari Wuhan, Tiongkok, sekarang menjadi perhatian dunia. Virus ini dilaporkan menyebabkan sembilan orang meninggal dunia dan lebih dari 400 orang terpapar.

Penyakit ini ditularkan melalui pernafasan. Orang yang terinfeksi akan mengalami gejala demam tinggi, batuk dan radang tenggorokan.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi