Putra Ip Man Meninggal Dunia

Putra Ip Man Meninggal Dunia
Ip Man dan putranya, Ip Ching (Asia One)

Analisadaily.com, China - Ip Ching, putra master kungfu legendaris Ip Man, meninggal dunia pada hari pertama Tahun Baru Imlek 2020. Ip Ching meninggal dunia pada usia 83 tahun, China Press melaporkan.

Ip Ching adalah seorang praktisi Wing Chun, gaya seni bela diri Tiongkok, yang dipopulerkan oleh almarhum ayahnya, yang memanfaatkan gerakan lengan cepat dan kaki yang kuat untuk mengalahkan lawan.

Dilansir dari Asia One, Rabu (29/1), bintang Kungfu Bruce Lee pernah menjadi murid Ip Man. Ip Ching meninggalkan dunia seni bela diri pada tahun 1972 setelah kematian ayahnya untuk memulai pabriknya sendiri.

Dia kembali untuk mengajar Wing Chun sekali lagi pada tahun 1994. Wing Chun menjadi terkenal ketika disorot dalam film Ip Man, di mana karakter master seni bela diri dimainkan oleh aktor Hong Kong, Donnie Yen.

Film terbaru, Ip Man 4: The Finale, menjadi film China terlaris di Malaysia dalam sejarah, mengumpulkan penjualan tiket RM30,3 juta atau setara dengan S$ 10 juta hanya dalam 13 hari.

Baik Ip Ching maupun kakak laki-lakinya, Ip Chun, telah melayani sebagai konsultan seni bela diri untuk film-film tersebut.

(RZD)

Baca Juga