Program Kampus Merdeka ala Nadiem Didukung Rektor USU

Program Kampus Merdeka ala Nadiem Didukung Rektor USU
Rektor USU Prof Runtung Sitepu (Analisa/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim terkait "Kampus Merdeka" yang berisi empat kebijakan yakni terkait program studi baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, fasilitas perguruan tinggi dan hak belajar tiga semester di luar program studi mendapat respons positif dari Universitas Sumatera Utara (USU).

Rektor USU Prof Runtung Sitepu mengatakan siap mendukung program tersebut. Khususnya dalam penerapan pembukaan program studi baru. "Ya dengan status PTN BH, USU memiliki kewenangan untuk segera melaksanakan kebijakan tersebut," ujarnya dalam siaran pers yang diterima, Kamis (29/1).

Ia menjelaskan, program studi baru yang akan dibuka adalah Program Studi Kelapa Sawit. Program studi itu menurutnya telah dibahas dan dirasa perlu mengingat sumber daya alam yang tersedia, khususnya kelapa sawit.

"Historisnya juga Provinsi Sumatera Utara adalah daerah yang pertama kali mengembangkan perkebunan kelapa sawit," ujarnya.

Mempercepat realisasi itu, pihaknya akan segera menggelar pertemuan dengan para pelaku usaha yang telah menjalin kerja sama dengan USU.

"Seperti Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS)," tegasnya.

Khusus untuk program kedua dan ketiga dari Mendikbud, Prof Runtung juga menyambut baik sebab menurutnya hal itu mampu menghemat waktu dan biaya dalam melakukan akreditasi dan re-akreditasi.

Sementara untuk program keempat, ia berpendapat akan mampu melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi lain di luar program studi yang menjadi pilihannya.

(BR)

Baca Juga