Pekan Depan, Bulog Ekspor Beras ke Arab Saudi

Pekan Depan, Bulog Ekspor Beras ke Arab Saudi
Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, memberikan keterangan, Rabu (5/2) (Antara/Bayu Prasetyo)

Analisadaily.com, Jakarta – Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik akan mengekspor beras kemasan renceng ke Arab Saudi pekan depan untuk memenuhi konsumsi pangan warga negara Indonesia yang bekerja di sana, maupun yang tengah beribadah umroh dan haji.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, memastikan ekspor beras renceng kemasan 250 gram tersebut sebanyak delapan kontainer. Sebelumnya, perusahaan importir Arab Saudi telah bekunjung ke kantor Bulog, melakukan uji rasa hingga akhirnya melakukan kontrak pembelian beras.

“Untuk tahap awal ini, Insya Allah pekan depan sebanyak delapan kontainer. Semua sudah kita siapkan. Kebetulan yang diminta Arab Saudi sudah dalam produk jadi beras renceng,” kata Buwas usai menghadiri rapat di Komisi VI DPR RI dilansir dari Antara, Rabu (5/2).

Buwas menjelaskan, ekspor beras ke Arab Saudi ini tidak hanya berhenti pada jenis beras renceng saja, melainkan juga pada kemasan 5 kilogram dan 10 kilogram pada tahap selanjutnya.

Adapun beras yang diekspor ini berasal dari pengadaan beras dalam negeri untuk memenuhi permintaan imporir Arab Saui. Namun demikian, Buwas enggan menyebutkan nilai ekspor beras renceng itu.

“Bagi saya, ini bukan soal nilainya, berarti kita sudah ekspor, karena itu justru menguntungkan buat kita,” sambungnya.

Ia menegaskan, beras yang diekspor sudah terjangkau, seperti yang diinginkan pihak Arab Saudi. Kondisi ini mengingat harga beras Indonesia umumnya sulit bersaing di luar negeri karena tingginya biara produksi.

Adapun stok beras di gudang Bulog mencapai 1.8 juta ton, terdiri dari beras adangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 1.7 juta ton dan beras komersil 121.162 ton.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi