Jumlah Pengidap Corona di Kapal Diamond Princess Terus Meningkat

Jumlah Pengidap Corona di Kapal Diamond Princess Terus Meningkat
Sebuah Ambulance yang diyakini membawa penumpang terinfeksi corona dari kapal pesiar Diamond Princess (EPA-EFE)

Analisadaily.com, - Jumlah orang yang dinyatakan positif virus corona (Covid-19) di kapal pesiar Diamond Princess meningkat jadi 355 orang.

Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato, mengungkapkan fakta itu seiring rencana Hongkong dan Kanada mengirim pesawat penjemput warga mereka di kapal tersebut.

"Sejauh ini kami telah melakukan tes kepada 1.219 orang. Dari jumlah itu, 355 orang dinyatakan positif. Dari jumlah itu, 73 orang tidak menunjukkan gejala," kata Kato, dilansir dari StraitTimes, Minggu (16/2).

Ada lebih dari 3.700 orang dalam kapal Diamond Princess yang bersandar di lepas pantai Yokohama, Jepang, sejak awal Februari lalu.

Seluruh penumpang kapal harus menjalani karantina setelah ditemukan seorang penumpang positif Covid-19. Penumpang itu sempat turun dari kapal ketika bersandar Hongkong.

Tim medis sudah mengevakuasi semua penumpang yang positif corona ke rumah sakit. Sementara sisanya masih harus menjalani karantina sampai 19 Februari, dua minggu sejak dimulainya masa observasi.

Untuk diketahui, Pemerintah Hongkong akan mengirim pesawat ke Jepang untuk membawa pulang warganya yang masih berada di Diamond Princess.

Biro Keamanan Hongkong memastikan para penumpang kembali menjalani 14 hari karantina setelah tiba di sana.

Sementara Kanada telah mencarter pesawat untuk mengevakuasi warganya yang berada dalam Diamond Princess.

Namun warga Kanada yang menunjukkan gejala infeksi corona tidak diizinkan untuk naik ke pesawat dan dibawa ke rumah sakit di Jepang. Setelah tiba di Kanada, para penumpang juga akan menjalani masa karantina selama 14 hari.

Amerika Serikat juga akan mengirim pesawat ke Jepang untuk membawa kembali warga mereka dari kapal tersebut.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi