Murid Hanyut Saat Penyusuran Sungai, 4 Meninggal Dunia

Murid Hanyut Saat Penyusuran Sungai, 4 Meninggal Dunia
Anak sekolah berkumpul setelah dievakuasi dari aliran sungai (BNPB)

Analisadaily.com, Yogyakarta - Beberapa murid yang sedang melakukan penyusuran sungai hanyut ketika arus sungai yang deras di Sungai Sembor, Jumat (21/2).

Murid hanyut yang sudah ditemukan berjumlah 6 orang. Empat orang ditemukan meninggal dunia, dua di antaranya sudah teridentifikasi, yaitu NA dan A.

Lokasi insiden terjadi di Sungai Sembor yang berada di Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman, D.I. Yogyakarta.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo mengatakan, mereka yang tergabung dalam kegiatan pramuka merupakan kelas 7 dan 8 dari SMP Negeri 1 Turi.

Sebanyak 257 orang mengikuti kegiatan penyusuran Sungai Sempor tanpa melihat kondisi cuaca. Namun demikian, saat ini kondisi masih simpang siur terkait dengan data jumlah murid yang mengalami insiden.

Ketika para murid melakukan penyusuran, tiba-tiba terjadi banjir dengan arus deras yang akhirnya menghanyut beberapa murid.

“Saat ini tim gabungan dari SAR dan Polres Sleman masih melakukan pencarian korban hanyut. Pihak BPBD dan TNI turut membantu dalam penanganan darurat,” kata Agus dalam siaran persnya yang diterima Analisadaily.com.

Agus menambahkan, susur sungai hanya boleh dilakukan oleh orang dewasa dan terlatih, anak anak dan remaja dilarang susur sungai dan susur sungai dilakukan musim kemarau.

(CSP)

Baca Juga